Untar Jadi Satu-satunya PTS di Indonesia yang Raih 4-Star QS Ranking

Jum'at, 10 November 2023 - 17:04 WIB
loading...
Untar Jadi Satu-satunya PTS di Indonesia yang Raih 4-Star QS Ranking
Universitas Tarumanagara (Untar) menerima penghargaan 4-Star dari Quacquarelli Symonds (QS) Rangking. Foto/YouTube Untar.
A A A
JAKARTA - Universitas Tarumanagara (Untar) menerima penghargaan 4-Star dari Quacquarelli Symonds (QS) Rangking. Untar menjadi satu-satunya PTS dari 15 universitas di Indonesia yang menerima penghargaan bintang empat.

Penghargaan diberikan CEO QS Jessica Turner kepada Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan dalam acara QS Higher Ed Summit: Asia Pacific 2023 di Kuala Lumpur, Malaysia, yang diadakan pada 7-9 November 2023.

Rangking bintang empat menandakan Untar “Rated for Excellence” atau dinilai sebagai kampus unggul. Tahun 2019, Untar mendapatkan Rangking bintang, dan meningkat di tahun 2023.

Baca juga: Lulusannya Banyak Terserap Dunia Kerja, UNS Raih 4-Star QS Ranking

Penilaian ranking didapat dari penilaian beberapa indikator, antara lain, pengajaran, internasionalisasi, fasilitas, kesenian dan kebudayaan, kesiapan kerja alumni, pengembangan akademik, akuntansi dan keuangan, serta keterbukaan/inklusivitas.

Untar mendapat penilaian tertinggi atau Rangking bintang lima dalam kategori kesiapan kerja alumni (employability) dan keterbukaan/inklusivitas (inclusiveness).

QS Stars University Ranking adalah sistem penilaian universitas dunia yang menilai institusi pendidikan secara menyeluruh. Rangking yang disusun sesuai indikator dapat menjadi acuan calon mahasiswa dalam memilih universitas sesuai minat dan keunggulan universitas.

Baca juga: 42 Universitas Terbaik di Indonesia Berdasarkan QS AUR 2024, Acuan Kuliah Tahun Depan

Prof Agustinus mengatakan, pencapaian ini merupakan hasil dari kolaborasi dan sinergi yang dibangun antara Pimpinan Yayasan Tarumanagara, para dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, dan semua mitra Untar.

“Penghargaan perolehan bintang empat QS Rangking ini menunjukkan bahwa Untar telah dikelola dengan baik dan berkualitas, sehingga kinerja Untar dihargai oleh pihak eksternal, khususnya dari QS,” katanya, melalui siaran pers, Jumat (10/11/2023).

Lebih lanjut, Rektor mengatakan Untar berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pengelolaan dan menghasilkan berbagai capaian kinerja. Hal ini dilakukan agar reputasi Untar makin meningkat dan mendapatkan kepercayaan dari semua pemangku kepentingan, baik di dalam dan luar negeri.

QS Higher Ed Summit: Asia Pacific 2023 merupakan konferensi yang memfasilitasi diskusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. Konferensi ini dihadiri berbagai universitas unggulan di kawasan Asia Pasifik.

CEO QS Jessica Turner dalam pembukaan menekankan pentingnya kualitas pendidikan tinggi dalam menjaga lingkungan untuk keberlanjutan.

Untar mendapatkan banyak ucapan selamat atas penghargaan ini dari Para Mitra Untar baik dari dalam dan luar negeri yang hadir pada acara QS Summit di KLCC Kuala Lumpur ini. Selain itu, Untar juga menambah mitra dari berbagai negara yang hadir dalam acara tersebut.

Penghargaan turut diberikan kepada berbagai universitas unggulan di Indonesia. Dalam kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan bagi perguruan tinggi Indonesia yang berhasil memperoleh bintang tiga dari QS Ranking.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)