Unair Masuk Daftar 15 Kampus Terbaik di Asia Tenggara Versi QS AUR 2024

Jum'at, 10 November 2023 - 17:57 WIB
loading...
Unair Masuk Daftar 15 Kampus Terbaik di Asia Tenggara Versi QS AUR 2024
Universitas Airlangga (Unair) berhasil masuk daftar 15 kampus terbaik di Asia Tenggara menurut QS AUR 2024. Foto/Unair.
A A A
JAKARTA - Universitas Airlangga (Unair) berhasil masuk daftar 15 universitas terbaik di Asia Tenggara menurut QS AUR 2024. Capaian ini menjadi kado istimewa HUT ke-69 Unair.

Di awal November 2023 ini, Quacquarelli Symonds Asia University Rankings (QS AUR) menempatkan Unair di posisi 67 kampus terbaik di Asia dan 15 terbaik di Asia Tenggara. Peringkat ini tentu tidak lepas dari hasil pemeringkatan beberapa indikator.

Pada employer reputation Unair menduduki peringkat #47, International Faculty Ratio peringkat #53, Academic Reputation peringkat #56, Inbound Exchange Student peringkat #59, dan Outbound Exchange Student peringkat #77.
Lima indikator ini menjadi penting bagi institusi perguruan tinggi karena menjadi tolak ukur kualitas dan relevansi pendidikan yang dilaksanakan.

Baca juga: 20 Universitas Terbaik di Asia Versi QS AUR 2024, Kampus Indonesia Nomor Berapa?

Rektor Unair Prof Dr Moh Nasih mengatakan, peringkat ini menjadi kado istimewa bagi kampus yang dipimpinnya yang saat ini sedang berulang tahun yang ke-69.

Di usianya yang tak lagi muda, posisi ini adalah bukti bahwa perbaikan dari sisi pendidikan dan pengajaran yang Unair lakukan menghasilkan dampak yang signifikan.

“Kita berharap Unair akan terus memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat melalui tridharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat,” katanya, melalui siaran pers, Jumat (10/11/2023).

Baca juga: ITS Peringkat 6 Kampus Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2024

Ia berharap, kontribusi riset dan inovasi terus dilakukan tidak hanya dalam bentuk abstrak melainkan juga sampai pada produk hingga hilirisasinya. Menurutnya, ilmu pengetahuan dan teknologi yang maju mencerminkan bangsa yang maju. Hal ini senada dengan misi Unair yakni sebagai pelopor pengembangan ilmu pengetahuan.

Tak lupa juga, di akhir Prof Nasih memaparkan bahwa kiat menjadi kampus dunia adalah menggerakkan seluruh komponen untuk berkomitmen terhadap visi yang ada.

Iklim pendidikan yang berkualitas lahir dari ikhtiar dan kolaborasi yang solid seluruh sivitas akademika. Sehingga capaian-capaian membanggakan bisa dirasakan bersama.

15 Universitas Terbaik di Asia Tenggara Versi QS AUR 2024

1. National University of Singapore
2. Nanyang Technological University Singapore
3. Universiti Malaya
4. Universiti Putra Malaysia
5. Universiti Kebangsaan Malaysia
6. Universiti Sains Malaysia
7. Universiti Teknologi Malaysia
8. Taylor's University
9. Chulalangkorn University
10. Universitas Indonesia
11. Mahidol University
12. Universitas Gadjah Mada
13. Institut Teknologi Bandung
14. UCSI University
15. Universitas Airlangga
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1350 seconds (0.1#10.140)