7 Jurusan Kuliah yang Pas untuk Tipe Kepribadian Ambivert

Minggu, 12 November 2023 - 16:37 WIB
loading...
7 Jurusan Kuliah yang Pas untuk Tipe Kepribadian Ambivert
7 jurusan kuliah yang cocok untuk kepribadian ambivert. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah bagi seseorang yang memiliki jenis kepribadian ambivert menarik untuk disimak. Anak yang ambivert merupakan si tengah karena memiliki kepribadian ekstrovert dan introvert.

Berbicara tentang kepribadian, ada tiga teori yang sudah dikenal yaitu kepribadian ekstrovert, introvert dan satu lagi kepribadian ambivert. Karena ambivert merupakan gabungan introvert dan ambivert maka bisa dibilang mereka lebih mampu menyesuikan dengan lingkungan di sekitarnya.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini 7 jurusan kuliah yang cocok untuk kepribadian ambivert sebagai rekomendasi lanjut kuliah di perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta.

7 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Tipe Kepribadian Ambivert

1. Psikologi


Psikologi mungkin menarik bagi kalian yang bertipe ambivert. Jurusan ini akan mempelakari tentang kepribadian manusia sebagai salah satu materi perkuliahan.

Baca juga: Ingin Perdalam Bakat Gambar? Kenali 7 Macam Jurusan Kuliah Desain Berikut

Orang dengan sisi ekstrovert mempunyai ciri suka degan berinteraksi dengan orang lain sehingga bisa menjadi tempat yang nyaman untuk berkonsultasi.

Sementara orang introvert akan menyukai jurusan ini karena akan banyak mengamati perilaku dan kepribadian manusia yang menjadi salah satu ciri orang tipe introvert.

2. Seni Musik


Seorang yang mampu menyeimbangkan sisi introvert dan ekstrovert juga bisa memilih jurusan Seni Musik ini. Ketika mencipta musik, orang introvert membutuhkan ketenangan dalam bekerja. Akan tetapi musik tidak bisa dinikmati sendiri. Dikutip dari laman Akupintar, kala harus berinteraksi dengan penikmat musik, dibutuhkan seorang ekstrover yang lebih mendominasi.

3. Kedokteran


Jurusan kedokteran juga bisa dipilih oleh orang ambivert sebab dalam jurusan ini kalian akan banyak melakukan praktikum dan penelitian yang cocok dengan kepribadian introvert.

Lalu untuk sisi ekstrovert, menjadi calon dokter yang harus pandai berkomunikasi dengan baik kepada pasien sangat cocok dengan si ekstrovert yang pandai berkomunikasi dengan oran lain.

4. Akademi Kepolisian atau Detektif Kriminal


Selanjutnya ada jurusan Akademi Kepolisian atau Detektif Kriminal. Jurusan ini cocok untuk si ambivert karena polisi dan detektif kriminal normalnya melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan menangani korban, pelaku, dan saksi, serta menangani pekerjaan yang bersifat darurat.

Dikutip dari laman Maukuliah, jadi yang cocok untuk jadi polisi dan detektif ya kamu yang punya ambivert, karena bisa tahu karakter kepribadian introvert dan ekstrovert.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah IPA yang Diprediksi Bisa Menjamin Masa Depan untuk Perempuan

Dan juga ketika menjadi salah satu anggota kepolisian ternyata enggak hanya menuntut kita supaya bisa bekerja secara kelompok, tapi juga individu. Cocok bagi si ambivert.

5. Jurusan Manajemen Pemasaran


Meskipun seorang marketing dikenal jago bicara dan banyak relasi karena tuntutan pekerjaan yang jadi ciri ekstrovert, namun ternyata sisi introvert juga dibutuhkan ketika menjadi seorang manajer pemasaran.
Seperti seorang marketing yang butuh strategi dan observasi sebelum memasarkan produk. Jadi, gak diragukan lagi kalau jurusan ini memang pas banget untuk kalian yang ambivert. Bisa tahu cara berbicara dengan si introvert dan ekstrovert.

6. Hukum


Kecakapan ambivert dalam mengelola emosi yang seimbang akan sangat menguntungkan kalian yang ingin berkarier dibidang hukum. Bagaimana tidak, menangani berbagai kasus hukum dan bertemu dengan beragam tipe orang tentunya memerlukan kestabilan emosi yang baik.

Dan pada saat yang sama, sisi ekstrovertlah yang dibutuhkan ketika harus berinteraksi dengan banyak orang. Sementara itu, sisi introvert akan mendominasi ketika harus banyak membaca dan mempelajari kasus.

7. Jurusan Pendidikan


Lulusan dari jurusan Pendidikan Guru ini umumnya berprofesi sebagai guru. Lalu apa hubungannya dengan seorang ambivert?

Seorang ambivert itu biasanya punya emosi yang lebih stabil sehingga cocok bekerja sebagai guru. Sisi introvert dari guru dapat ditemukan ketika sedang memeriksa PR dari para siswa, membuat laporan nilai dan sebagainya yang menuntut ‘kesendirian’ ketika mengerjakan tugasnya sebagai seorang guru.

Sedangkan untuk sisi ekstrovert, jelas sekali kalau seorang guru biasanya dituntut untuk pandai berinteraksi dengan para muridnya saat di kelas.

Demikian 7 jurusan kuliah yang cocok untuk tipe kepribadian ambivert. Semoga informasi ini bermanfaat ya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1485 seconds (0.1#10.140)