7 Sekolah Pilot Beserta Biayanya di Indonesia, Siap Rogoh Ratusan Juta

Senin, 13 November 2023 - 07:39 WIB
loading...
7 Sekolah Pilot Beserta Biayanya di Indonesia, Siap Rogoh Ratusan Juta
Aero Flyer Institute Tangerang adalah salah satu sekolah pilot di Indonesia yang mengenakan biaya sekolah hingga ratusan juta. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 7 sekolah pilot yang ada di Indonesia beserta biaya sekolahnya. Pilot merupakan profesi yang bertanggung jawab untuk mengemudikan pesawat terbang. Menjadi pilot merupakan cita-cita diinginkan banyak orang di Indonesia karena penghasilannya yang disebut-sebut cukup besar.

Namun, untuk menjadi pilot terdapat beberapa tahap pendidikan yang harus ditempuh sebelum nantinya mendapatkan lisensi untuk bisa menerbangkan pesawat.Artikel kali ini akan membahas 7 sekolah pilot di Indonesia beserta biaya sekolahnya, simak ya!

7 Sekolah Pilot Beserta Biayanya di Indonesia


1. Aero Flyer Institute Tangerang


Aero Flyer Institute, sebuah sekolah penerbangan untuk pilot, berlokasi di Serdang Wetan, Legok, Tangerang, Banten. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Bandara Budiarto, Curug, Tangerang. Sementara itu, pelatihan penerbangan dilakukan di Bandara Budiarto Curug-Tangerang dan Bandara Cakrabhuwana, Cirebon-Jawa Barat.

Biaya PPL: Rp289 juta (4 bulan)

Biaya paket PPL, CPL, IR: Rp762 juta (14 bulan)

Biaya paket PPL,CPL,IR, ME: Rp892 juta (16 bulan)

2. Bandung Pilot Academy (BPA)


Bandung Pilot Academy (BPA) adalah sekolah penerbangan yang berlokasi di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat. BPA memiliki tujuan untuk mencetak pilot yang profesional, kompeten, dan siap bekerja di industri penerbangan nasional dan internasional. BPA menawarkan program pelatihan penerbangan yang terdiri dari lisensi PPL, CPL, IR, dan ME.

Biaya pendidikan di sini mencapai Rp800 juta yang sudah termasuk PPL, CPL, ME dan IR.

3. Bali International Flight Academy (BIFA)


BIFA adalah sekolah penerbangan yang berlokasi di Buleleng, Bali. BIFA memiliki misi untuk memberikan pelatihan penerbangan berkualitas untuk menghasilkan profesional penerbangan kelas dunia sambil memenuhi persyaratan keselamatan penerbangan yang ketat.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk menempuh pendidikan di BIFA mencapai Rp985 juta yang mencakup lisensi PPL,CPL, ME, dan IR.


4.Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug


STPI adalah perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. STPI berlokasi di Tangerang, Banten, dan memiliki visi untuk menjadi pusat pendidikan dan pelatihan penerbangan yang unggul dan berdaya saing di tingkat regional dan internasional.

Pendidikan di STPI Curug memiliki biaya sekitar Rp65 juta hingga Rp88 juta, termasuk peralatan, akademik, makan, asrama, dan wisuda. Harga ini tergolong terjangkau dibandingkan dengan sekolah penerbangan lain karena STPI mendapatkan subsidi dari pemerintah

5. Deraya Flying School (DFS)


Deraya Flying School memiliki fasilitas latihan yang luas di empat lokasi, termasuk Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta), Bandara Tunggul Wulung (Cilacap), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), dan Bandara Adi Sumarmo (Solo).

Setiap lokasi digunakan untuk tahap-tahap pendidikan yang sesuai. DFS menawarkan program pelatihan penerbangan yang terdiri dari lisensi PPL, CPL, IR, dan ME.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4442 seconds (0.1#10.140)