10 Perguruan Tinggi Negeri yang Buka Jalur Mandiri Tanpa Tes di 2023, Acuan Daftar 2024

Senin, 13 November 2023 - 08:36 WIB
loading...
10 Perguruan Tinggi Negeri yang Buka Jalur Mandiri Tanpa Tes di 2023, Acuan Daftar 2024
Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) menjadi salah satu PTN yang membuka jalur seleksi mandiri tanpa tes di tahun 2023. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 10 perguruan tinggi negeri yang membuka jalur mandiri tanpa tes.Sudah tak sabar untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2024? Memang sejauh ini ujian masuk yang dinamakan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SPMPTN) untuk tahun 2024 belum dibuka.

Namun sebagai referensi terdapat banyak peluang masuk universitas negeru, salah satunya melalui Jalur Mandiri Tanpa Tes. Artikel kali ini akan membahas 10 PTN yang membuka jalur mandiri tanpa tes 2023.

PTN yang Membuka Jalur Mandiri Tanpa Tes 2023


1. Universitas Indonesia (UI)


Universitas Indonesia memang cukup populer sebagai salah satu universitas terbesar di Indonesia. Perguruan tinggi negeri yang satu ini hingga sekarang selalu menjadi langganan masuk perguruan tinggi negeri terfavorit dan terbaik di Indonesia. Tak hanya itu saja, Universitas Indonesia juga sudah terbukti kualitasnya karena memiliki banyak fakultas yang berpredikat rangking satu atau terkareditasi A

2. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI memang dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terbaik bahkan masuk ke dalam kategori10 Universitas terbaik di Indonesia. Perguruan tinggi negeri yang satu ini juga dikenal sebagai wadah pencetak calon pendidik terbaik

3. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

Universitas Jenderal Soedirman merupakan salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) di tanah air yang terletak di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Nama Unsoed mulai menarik perhatian para siswa dari berbagai daerah, karena Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang satu ini masuk ke dalam 10 jajaran universitas terbaik di Indonesia menurut jejak pendapat Litbang Koran Sindo.

4. Universitas Sebelas Maret (UNS)


Biasa disapa dengan singkatan UNS, perguruan tinggi yang satu ini berada di kota Surakarta, Jawa Tengah. Universitas Sebelas Maret ini tidak hanya berada di satu lokasi saja. Bahkan ada sebuah program studi yang gedungnya berada di luar Kota Solo, yaitu di Kebumen. Sedangkan untuk kompleks kampus UNS pusat berada di daerah Kentingan yaitu sebelah Timur Kota Solo.


5. Universitas Negeri Semarang (Unnes)


Sebelum menjadi Universitas Negeri Semarang, kampus ini dulunya merupakan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Semarang.Status perubaha n dari IKIP Semarang menjadi Unnes ini terjadi pada tahun 1999 dengan diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 124 tahun 1999 tentang perubahan IKIP Semarang.

6. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)


Berbicara soal Universitas favorit di Yogyakarta, sepertinya Anda juga tak bisa lepas dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).
Apabila kita berbicara mengenai jurusan pendidikan, secara tidak langsung masyarakat pasti akan langsung mengkaitkan dengan UNY. Sekolah pencetak pendidik bangsa ini sudah memiliki reputasi mapan di dunia akademik Indonesia.

7. Universitas Brawijaya (UB)


Universitas Brawijaya atau yang biasa disingkat UB ini didirikan di tahun 1963 dan terletak tepat di kota Malang. Dulunya singkatan universitas ini adalah Unibraw, namun kemudian disederhanakan lagi menjadi UB hingga sekarang. Kampus UB masuk dalam daftar perguruan tinggi negeri di Indonesia yang paling favorit dan berkualitas karena telah memperoleh sertifikasi manajemen internasional, versi ISO 9001

8. Universitas Airlangga (Unair)


Berbicara mengenai universitas terbaik di Surabaya, tentu Universitas Airlangga (UNAIR) tak luput menjadi salah satunya. Perguruan tinggi negeri yang satu ini memang dikenal banyak peminatnya. Memiliki pola sistem pendidikan yang berkualitas, Universitas Unair menjadi langganan masuk daftar peringkat teratas dalam kategori universitas terbaik di Indonesia.

9. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)


Biasa disingkat ITS, perguruan tinggi negeri di Surabaya yang satu ini cukup populer dan dikenal sebagai sekolah teknik terbaik di Indonesia. Kabarnya, hingga sekarang ini Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) masih menduduki peringkat ke-5 sebagai Universitas terbaik di Indonesia. Perlu kamu ketahui pula, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sekarang sedang mengadopsi paradigma baru dengan melakukan akselerasi sekunsial demi mewujudkan EDU.

10. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Universitas Gadjah Mada (UGM) ternyata juga memiliki jalur mandiri tanpa tes yang bisa kamu ikuti. Nama jalurnya Penelusuran Bibit Unggul. Memungkinkan semua siswa-siswi yang berprestasi di SMA bisa mendapat kesempatan untuk menjadi mahasiswa Gadjah Mada.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1091 seconds (0.1#10.140)