24 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan di Seleksi CPNS 2023, Bahan Referensi Daftar 2024

Rabu, 15 November 2023 - 14:22 WIB
loading...
24 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan di Seleksi CPNS 2023, Bahan Referensi Daftar 2024
Seleksi CPNS setiap tahun selalu dinantikan banyak orang. Merujuk data, setidaknya ada 24 jurusan kuliah yang dibutuhkan di seleksi CPNS 2023.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 24 jurusan kuliah paling dicari di CPNS 2023 yang bisa jadi referensi mendaftar di 2024. Seleksi CPNS setiap tahun selalu dinantikan banyak orang. Status sosial tinggi profesi PNS di tengah masyarakat menjadi salah satu faktor kenapa seleksi CPNS selalu ditunggu.

Meski pendaftaran CPNS tahun 2024 belum ditentukan, tetapi alangkah baiknya informasi mengenai pendaftaranya CPNS sejak sekarang perlu dicari sebanyak-banyaknya kamu yang berminat mendaftar. Termasuk dalam hal ini informasi kualifikasi jurusan kuliah apa saja yang berpeluang lolos CPNS 2024. Artikel kali ini khusus akan membahas 24 jurusan kuliah yang dibutuhkan di seleksi CPNS 2023.

24 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan di Seleksi CPNS 2023


1. D3 Akuntansi


Jurusan ini mempelajari tentang perpajakan, manajemen keuangan, manajemen operasional, investasi, pasar modal, dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang lulusan D3 Akuntansi, kamu bisa mencoba mendaftar CPNS formasi Terampil Pranata Keuangan APBN.

2. D3 Ekonomi


Jurusan ini juga mempelajari tentang keuangan, bisnis, perbankan, matematika, dan sebagainya. Kalau kamu memiliki gelar D3 Ekonomi, kamu bisa mendaftar untuk formasi CPNS Terampil Pranata Keuangan APBN.

3. D3 Keuangan


Sama halnya dengan D3 Akuntansi dan D3 Ekonomi, jurusan yang satu ini banyak dicari karena mempelajari seluk-beluk keuangan dan perbankan. Untuk kamu yang memiliki gelar ini, bisa mendaftar untuk formasi Terampil Pranata Keuangan APBN.

4. D3 Manajemen


Jurusan ini menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling dicari di CPNS 2023 karena mempelajari tentang berbagai bidang manajemen. Mulai dari manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, dan lain sebagainya. Formasi CPNS yang cocok untuk para lulusan jurusan ini adalah Terampil Pranata Keuangan APBN.

5. D3 Administrasi Negara


Jurusan administrasi negara mempelajari dasar-dasar logika, sistem hukum Indonesia, sistem ekonomi Indonesia, sistem politik Indonesia, asas-asas manajemen, dan lain-lain.Kamu yang lulus dari jurusan ini cocok jika mengambil formasi CPNS Terampil Pranata Keuangan APBN.


6. D3 Kebidanan


Jurusan ini mempelajari tentang Biologi Dasar, Biologi Perkembangan, Gizi, Kesehatan Reproduksi, Teknologi Informasi Kebidanan, Mutu Layanan Kebidanan, Ilmu Kesehatan Anak, dan sebagainya. Kalau kamu memiliki gelar ini, kamu bisa mendaftar untuk formasi CPNS Terampil Bidan.

7. D3 Keperawatan


Di jurusan D3 Keperawatan, kamu belajar tentang anatomi tubuh manusia, biologi, fisiologi, gizi, etika keperawatan, dan masih banyak lagi. Kalau kamu lulusan D3 Keperawatan, maka kamu bisa mendaftar untuk formasi CPNS Terampil Perawat.

8. S1 Ekonomi


Jurusan kuliah yang paling dicari di CPNS 2023 dan tahun-tahun sebelumnya adalah S1 Ekonomi. Tidak jauh berbeda dengan mata kuliah D3 Ekonomi, jurusan ini mempelajari tentang ekonomi, bisnis, keuangan, perbankan, dan lain sebagainya. Bagi kamu yang lulusan S1 Ekonomi, kamu bisa mendaftar untuk Ahli Pertama Analis Anggaran.

Selain itu, jika kamu mengambil gelar konsentrasi S1 Ekonomi Manajemen dan S1 Ekonomi Akuntansi, kamu juga bisa mendaftar untuk formasi Ahli Pertama Analis Anggaran.

9. S1 Administrasi Negara & S1 Administrasi Pemerintahan


Di jurusan S1 Administrasi Negara, kamu belajar tentang pelayanan publik, tata kelola pemerintahan, segala jenis kegiatan birokrasi, dan sebagainya. Sementara itu, jurusan S1 Administrasi Pemerintahan mempelajari tentang cara mengelola, menganalisis dan menghitung segala jenis kegiatan birokrasi pemerintahan. Jika kamu menyandang gelar salah satu dari jurusan ini, kamu bisa mendaftar untuk formasi CPNS Ahli Pertama Analis Anggaran.

10. S1 Bisnis Manajemen


Jurusan kuliah yang satu ini mempelajari tentang bisnis, pembukuan, marketing,perencanaan, perekrutan, kepemimpinan, dan lain sebagainya. Bagi kamu yang memiliki gelar di jurusan ini, kamu bisa mendaftar untuk formasi CPNS Ahli Pertama Pembimbing Kemasyarakatan.

11. S1 Kebijakan Publik


Dalam jurusan kuliah yang paling dicari di CPNS 2023 ini, yang dipelajari adalah konsep pembangunan dan tentunya hal-hal yang mengenai kebijakan publik. Bagi kamu yang lulus dari jurusan ini bisa mencoba untuk mendaftar formasi CPNS Ahli Pertama Analis Anggaran.

12. S1 Kesejahteraan Sosial


Dalam jurusan ini, yang dipelajari adalah analisa kebijakan publik, pengelolaan fasilitas kesejahteraan, peningkatan kesehatan dan lembaga medis, dan lain sebagainya. Jika kamu memiliki gelar dalam jurusan ini, kamu bisa mencoba untuk mendaftar formasi CPNS Ahli Pertama Pembimbing Kemasyarakatan.


13. S1 Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan


Dalam jurusan kuliah yang satu ini, kamu akan belajar menganalisis dan mencari solusi terbaik untuk menanggulangi permasalahan sosial demi mencapai kesejahteraan publik. Bagi kamu yang lulus dari jurusan ini, bisa mendaftar formasi CPNS Ahli Pertama Pembimbing Kemasyarakatan.

14. S1 Kriminologi


Jika kamu memiliki gelar dari jurusan yang satu ini, kamu bisa mendaftar CPNS Ahli Pertama Pembimbing Kemasyarakatan.

15. S1 Sosiologi


Untuk kamu yang lulus dari jurusan ini, bisa mendaftar untuk formasi CPNS Ahli Pertama Pembimbing Kemasyarakatan.

16. S1 Antropologi


Kalau kamu lulusan jurusan ini, kamu bisa mendaftar untuk formasi CPNS Ahli Pertama Pembimbing Kemasyarakatan.

17. S1 Hukum


Bagi kamu yang lulus dari jurusan ini, bisa mendaftar untuk formasi CPNS Ahli Pertama Analis Anggaran, Ahli Pertama Analis Hukum, Ahli Pertama Pembimbing Kemasyarakatan, Ahli Pertama Penyuluh Hukum, atau Ahli Pertama Pranata Komputer.

18. S1 Psikologi


Untuk kamu yang sudah memiliki gelar S1 Psikologi, bisa mencoba untuk mendaftar formasi CPNS Ahli Pertama Pembimbing Kemasyarakatan.

19. S1 Ilmu Komunikasi


Nah, kalau kamu sudah lulus dengan gelar S1 Ilmu Komunikasi, kamu bisa mendaftar formasi CPNS Ahli Pertama Pembimbing Kemasyarakatan.

20. S1 Ilmu Politik


Jika kamu lulusan jurusan ini, kamu bisa mendaftar formasi CPNS Ahli Pertama Pembimbing Kemasyarakatan.

21. S1 Teknik Komputer & S1 Ilmu Komputer


Kalau kamu lulusan salah satu dari dua jurusan ini, kamu bisa mendaftar untuk formasi CPNS Ahli Pertama Pranata Komputer.

22. S1 Teknik Informatika


Kalau kamu lulusan jurusan ini, kamu bisa mendaftar untuk formasi CPNS Ahli Pertama Pranata Komputer.

23. S1 Sistem Informasi


Kalau kamu lulusan jurusan ini, kamu bisa mendaftar untuk formasi CPNS Ahli Pertama Pranata Komputer.

24. S1 Kedokteran


Kalau kamu lulus dengan gelar S1 Kedokteran atau Dokter Umum, maka kamu bisa mencoba mendaftar untuk formasi CPNS Ahli Pertama Dokter.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3044 seconds (0.1#10.140)