20 Jurusan Kuliah untuk Anak IPA yang Punya Peluang Karier dan Gaji Menjanjikan

Rabu, 15 November 2023 - 17:33 WIB
loading...
20 Jurusan Kuliah untuk Anak IPA yang Punya Peluang Karier dan Gaji Menjanjikan
Banyak jurusan kuliah untuk anak IPA yang memiliki peluang karier dan gaji menjanjikan. Paling dominan dari ranah teknik dan kesehatan. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Ada banyak jurusan kuliah untuk anak IPA yang memiliki peluang karier dan gaji menjanjikan. Dari sekian daftarnya, ranah teknik dan kesehatan menjadi paling dominan.

Pemilihan jurusan kuliah tidak boleh dilakukan secara sembarang. Anda wajib mengetahui lebih banyak hal tentang jurusan tersebut agar tidak menyesal di kemudian hari.

Misalnya, untuk anak lulusan SMA IPA. Ada beragam pilihan jurusan kuliah yang bisa diambil. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut deretan jurusan kuliah untuk anak IPA yang bisa disimak.

Jurusan Kuliah untuk Anak IPA


1. Kedokteran


Kedokteran menjadi salah satu jurusan kuliah paling populer di perguruan tinggi. Terkait alasannya, jurusan ini dianggap memiliki peluang karier cemerlang dengan gaji menggiurkan.



Ada banyak pilihan perguruan tinggi di Tanah Air yang membuka jurusan Kedokteran. Tak terbatas pada profesi dokter saja, lulusannya juga bisa menjadi peneliti hingga penyuluh kesehatan.

2. Teknik Industri


Ada banyak jurusan teknik yang dibuka perguruan tinggi. Dari sekian nama, salah satu yang cukup populer adalah Teknik Industri.

Lulusan Teknik Industri nantinya memiliki prospek beragam. Di antaranya seperti ahli manufaktur, teknisi produksi manufaktur, ahli teknik industri, dan lainnya.

3. Farmasi


Tak kalah dengan kedokteran, farmasi juga memiliki peminat besar. Jurusan kuliah ini berkaitan erat dengan obat-obatan.

Para lulusan farmasi bisa menekuni sejumlah profesi berbeda. Misalnya seperti apoteker, peneliti obat, spesialis kimia, dan lainnya.

4. Teknologi Pangan


Ada banyak hal yang bisa dipelajari di jurusan Teknologi Pangan. Misal, langkah untuk memastikan makanan yang diproduksi aman dan layak dikonsumsi, serta sudah memenuhi kebutuhan gizi.

Prospek kerjanya pun beragam dan memiliki kisaran gaji menggiurkan. Sebut saja seperti ahli teknologi pangan, peneliti makanan, hingga quality control.

5. Kesehatan Masyarakat


Jurusan ini lebih berfokus pada upaya tindakan preventif atau pencegahan penyakit serta promosi kesehatan di masyarakat. Lulusannya diharapkan bisa berkontribusi meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, tentunya dengan upaya-upaya tadi.

Lulusan Kesehatan Masyarakat bisa menjadi penyuluh kesehatan. Selain itu, bisa juga menjadi ahli keselamatan dan kesehatan kerja.

6. Teknik Informatika


Kembali ke ranah teknik, kali ini ada Teknik Informatika. Jurusan ini juga menjadi salah satu yang paling populer di kalangan para mahasiswa baru.



Seiring kemajuan zaman, prospek kerja jurusan ini juga makin cemerlang. Lulusannya bisa menjadi pengembang aplikasi hingga konsultan IT.

7. Arsitektur


Mahasiswa Arsitektur akan banyak berjibaku dengan desain serta rancangan konstruksi bangunan. Bicara gaji, sepertinya sebagian orang juga sudah mengetahui besarannya yang tak diragukan lagi.

Prospek kerjanya adalah seputar menjadi arsitek, desainer interior, hingga manajer konstruksi.

8. Teknik Sipil


Berikutnya, ada Teknik Sipil. Berbeda dengan arsitektur, jurusan ini berkaitan dengan pembangunan infrastruktur dan perancangan bangunan.

Prospek kerjanya beragam. Terlebih, ranah industri di Tanah Air juga terus berkembang seiring waktu.

9. Kedokteran Gigi


Dokter gigi juga menjadi profesi yang selalu dibutuhkan seiring waktu. Saat ini, sejumlah perguruan tinggi Tanah Air pun sudah banyak yang membuka jurusan Kedokteran Gigi, sehingga tidak perlu susah mencari.

10. Teknik Pertambangan


Cabang ilmu teknik ini juga menawarkan banyak prospek kerja. Terlebih, seiring waktu kebutuhan akan lulusannya juga terus meningkat.

Lulusan jurusan ini bisa menjadi ahli tambang dan geologi. Kemudian, dapat juga memilih bekerja di berbagai perusahaan kenamaan yang menawarkan gaji fantastis.

11. Ilmu Gizi


Kemudian, ada Ilmu Gizi. Sesuai namanya, mahasiswa yang memilih jurusan ini akan banyak mempelajari masalah gizi.

Sejumlah prospek kerja yang bisa dipilih adalah ahli gizi, konsultan makanan, dan peneliti. Tempat kerjanya pun beragam, seperti kementerian kesehatan, badan pengawas makanan, hingga perusahaan swasta yang membutuhkan.

12. Teknik Mesin


Jurusan kuliah untuk anak IPA yang punya prospek dan gaji bagus berikutnya adalah Teknik Mesin. Jika tertarik, ada banyak pilihan perguruan tinggi yang menyediakan jurusan tersebut.

Lulusan Teknik Mesin juga banyak dibutuhkan sektor industri. Tak hanya otomotif, namun juga bidang manufaktur hingga pertambangan.

13. Ilmu Komputer


Kemajuan teknologi akan sangat berguna bagi lulusan seperti Ilmu Komputer. Nantinya, mereka bisa menjadi software engineer, konsultan IT, hingga web designer.

14. Keperawatan


Berikutnya ada Keperawatan. Sesuai nama jurusannya, nantinya para alumninya bakal menjadi perawat dan bisa bekerja sama dengan dokter.

Tak hanya bekerja di rumah sakit, lulusannya bisa menjalani profesi perawat di klinik, sekolah, ataupun panti jompo.

15. Teknik Elektro


Berkaitan dengan kelistrikan, ada banyak hal yang nantinya bisa dipelajari mahasiswa Elektro. Jika sudah lulus, banyak peluang kerja yang bisa didapat di industri-industri terkait. Misal, sebagai teknisi, perencana produk otomotif, dan lainnya.

16. Teknik Kimia


Bagi sebagian orang, jurusan ini mungkin masih tampak asing. Beberapa contoh mata kuliahnya seperti Pengantar Mikrobiologi Industri dan Perancangan Alat Proses.

Prospek kerjanya juga terbuka. Lulusannya bisa peneliti atau bekerja di perusahaan industri yang relevan.

17. Statistika


Jurusan Statistika bisanya masuk rumpun Matematika dan IPA (MIPA). Jurusan ini juga bisa menjadi pilihan bagi lulusan SMA IPA yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi.

Tak perlu khawatir soal prospek kerja. Pasalnya, ada banyak profesi yang bisa dijalankan nantinya, seperti analis, pengolah data, konsultan, dan lainnya.

18. Kebidanan


Mendengar namanya, jurusan ini mungkin identik dengan profesi membantu ibu hamil melahirkan. Namun, ternyata tugasnya tak sebatas proses persalinan saja.

Bidan juga bisa memantau ibu hamil dari mulai fase kehamilan, menyusui, hingga tumbuh kembang sang buah hati.

19. Teknik Lingkungan


Teknik Lingkungan mempelajari cara penciptaan lingkungan yang sehat. Ruang lingkupnya pun sangat luas, termasuk upaya pengendalian pencemaran.

Lulusan jurusan ini bisa menjadi peneliti lingkungan, konsultan lingkungan, dan lainnya.

20. Desain Interior


Kemudian, ada Desain Interior. Berbeda dengan arsitektur, bidang ini lebih ke arah mengoptimalkan pemanfaatan ruang.

Seiring kemajuan zaman, kebutuhan akan lulusan Desain Interior juga meningkat. Lulusannya bisa menjadi perancang desain interior, konsultan penyedia produk interior, dan lainnya.

Demikian ulasan mengenai deretan jurusan kuliah untuk anak IPA dengan prospek kerja dan gaji yang bagus. Semoga bermanfaat.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1762 seconds (0.1#10.140)