10 Contoh Kata Pengantar untuk Makalah dan Skripsi, Lengkap dengan Strukturnya

Kamis, 16 November 2023 - 16:46 WIB
loading...
10 Contoh Kata Pengantar untuk Makalah dan Skripsi, Lengkap dengan Strukturnya
Kata pengantar terdapat pada bagian awal sebuah karya tulis ilmiah. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - 10 contoh kata pengantar untuk makalah dan skripsi bisa menjadi referensi untuk Anda. Ada susunan kata pengantar yang perlu Anda ketahui.

Biasanya kata pengantar terdapat pada bagian awal sebuah karya tulis ilmiah. Tujuannya untuk memberikan sedikit gambaran dari karya ilmiah.

Meski terlihat sederhana, menulis kata pengantar tidak mudah bagi sebagian orang. Biasanya, bagian dari isi kata pengantar berupa ungkapan syukur dan terima kasih dari penulis.



Tak hanya itu saja, kata pengantar juga akan mengantarkan pembaca untuk membaca lebih dalam karya ilmiah tersebut lebih lanjut. Berikut contoh kata pengantar beserta strukturnya.

Struktur Kata Pengantar


Kata pengantar memiliki tiga struktur, yaitu pembuka, isi dan penutup. Berikut penjelasannya.

a. Pembuka


Bagian pembuka kata pengantar berisi tentang ucapan rasa syukur dan terima kasih penulis atas terselesaikannya karya tulis, baik makalah maupun skripsi.

b. Isi


Bagian isi kata pengantar berisikan sebuah gambaran umum tentang karya tulis. Bagian ini menyebutkan judul karya tulis dan uraian singkat tentang topik yang dibahas.

c. Penutup


Bagian penutup kata pengantar berisi ucapan permohonan maaf penulis atas kesalahan atau kekurangan dalam karya tulis. Bagian ini umumnya akan terletak di akhir tulisan.

Untuk lebih mengetahui tentang bagaimana kata pengantar dalam karya tulis ilmiah, simak 10 contoh kata pengantar untuk makalah dan skripsi berikut ini.

10 Contoh Kata Pengantar untuk Makalah dan Skripsi


1. Contoh Pertama


Dengan rasa syukur, penulis telah menyelesaikan makalah berjudul “Manfaat Parenting Agar Menjadi Keluarga Sakinah” tepat waktu.

Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas Ibu Dona mata pelajaran bahasa Indonesia SMK Negeri 1 Kalimasada. Selain itu, penulis juga berharap agar makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca untuk menambah wawasan tentang keluarga.

Penulis menyampaikan terima kasih kepada Ibu Dona selaku bahasa Indonesia atas tugas yang telah diberikan. Tugas tersebut telah menambah pengetahuan dan wawasan penulis terkait bidang yang ditekuni.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1780 seconds (0.1#10.140)