10 Contoh Kata Pengantar untuk Makalah dan Skripsi, Lengkap dengan Strukturnya

Kamis, 16 November 2023 - 16:46 WIB
loading...
10 Contoh Kata Pengantar untuk Makalah dan Skripsi, Lengkap dengan Strukturnya
Kata pengantar terdapat pada bagian awal sebuah karya tulis ilmiah. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - 10 contoh kata pengantar untuk makalah dan skripsi bisa menjadi referensi untuk Anda. Ada susunan kata pengantar yang perlu Anda ketahui.

Biasanya kata pengantar terdapat pada bagian awal sebuah karya tulis ilmiah. Tujuannya untuk memberikan sedikit gambaran dari karya ilmiah.

Meski terlihat sederhana, menulis kata pengantar tidak mudah bagi sebagian orang. Biasanya, bagian dari isi kata pengantar berupa ungkapan syukur dan terima kasih dari penulis.



Tak hanya itu saja, kata pengantar juga akan mengantarkan pembaca untuk membaca lebih dalam karya ilmiah tersebut lebih lanjut. Berikut contoh kata pengantar beserta strukturnya.

Struktur Kata Pengantar


Kata pengantar memiliki tiga struktur, yaitu pembuka, isi dan penutup. Berikut penjelasannya.

a. Pembuka


Bagian pembuka kata pengantar berisi tentang ucapan rasa syukur dan terima kasih penulis atas terselesaikannya karya tulis, baik makalah maupun skripsi.

b. Isi


Bagian isi kata pengantar berisikan sebuah gambaran umum tentang karya tulis. Bagian ini menyebutkan judul karya tulis dan uraian singkat tentang topik yang dibahas.

c. Penutup


Bagian penutup kata pengantar berisi ucapan permohonan maaf penulis atas kesalahan atau kekurangan dalam karya tulis. Bagian ini umumnya akan terletak di akhir tulisan.

Untuk lebih mengetahui tentang bagaimana kata pengantar dalam karya tulis ilmiah, simak 10 contoh kata pengantar untuk makalah dan skripsi berikut ini.

10 Contoh Kata Pengantar untuk Makalah dan Skripsi


1. Contoh Pertama


Dengan rasa syukur, penulis telah menyelesaikan makalah berjudul “Manfaat Parenting Agar Menjadi Keluarga Sakinah” tepat waktu.

Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas Ibu Dona mata pelajaran bahasa Indonesia SMK Negeri 1 Kalimasada. Selain itu, penulis juga berharap agar makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca untuk menambah wawasan tentang keluarga.

Penulis menyampaikan terima kasih kepada Ibu Dona selaku bahasa Indonesia atas tugas yang telah diberikan. Tugas tersebut telah menambah pengetahuan dan wawasan penulis terkait bidang yang ditekuni.



Penulis juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses penyusunan makalah ini. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih memiliki kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan makalah ini.

Tempat dan tanggal

Nama Penulis

2. Contoh Kedua


Dengan rasa syukur, makalah ini dapat tersusun dengan baik berkat rahmat Allah SWT.

Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan makalah ini, baik berupa pikiran maupun materi. Penulis berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca untuk menambah pengetahuan dan pengalaman. Penulis juga berharap makalah ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih memiliki kekurangan karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Tempat dan tanggal

Nama Penulis

3. Contoh Ketiga


Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul "Pengaruh Gula Terhadap Stamina Tubuh".

Tujuan penulisan ini untuk memenuhi tugas dari Ibu Karya tulis ini diharapkan dapat menjadi penambah wawasan bagi pembaca serta bagi penulis sendiri.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada Dra. Suratin, pada kuliah Ilmu Gizi. yang sudah memercayakan tugas ini kepada penulis, sehingga sangat membantu penulis untuk memperdalam pengetahuan pada bidang studi yang sedang ditekuni.

Terima kasih juga penulis ucapkan kepada semua pihak yang telah berbagi pengetahuannya kepada penulis, sehingga karya tulis ini dapat diselesaikan tepat waktu.

Tidak ada gading yang tak retak, penulis menyadari jika makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik serta saran demi kesempurnaan dari makalah ini.

Tempat dan tanggal

Nama Penulis

4. Contoh Keempat


Assalamualaikum wr.wb Alhamdulillah. Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa senantiasa kita ucapkan. Atas rahmat dan karunia-Nya yang berupa iman dan kesehatan akhirnya kami dapat menyelesaikan makalah ini. Shalawat serta salam tercurah pada Rasulullah SAW. Semoga syafaatnya mengalir pada kita kelak.

Makalah dengan judul “Efektivitas Pemberian Pupuk N5 pada Tumbuhan Jagung di Perkebunan Umarata Jawa Tengah” dibuat untuk melengkapi tugas mata kuliah biologi. Pada isi makalah disampaikan karakteristik pupuk N5 yang baru dikembangkan peneliti. Selain itu, dibahas pula dampak pemberian pupuk N5 secara berkala pada pertumbuhan tanaman. Penulis membandingkan pupuk N5 dan pupuk yang telah digunakan di Perkebunan Sumatera.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah mendukung serta membantu penyelesaian makalah biologi. Besar harapan penulis agar a makalah ini bisa menjadi rujukan peneliti selanjutnya. Penulis juga berharap agar isi makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Dengan kerendahan hati, penulis memohon maaf apabila ada kesalahan penulisan. Kritik yang terbuka dan membangun sangat penulis nantikan demi kesempurnaan makalah.

Demikian kata pengantar ini penulis sampaikan. Terima kasih atas semua pihak yang membantu penyusunan dan membaca makalah ini. Wassalamualaikum wr.wb

Tempat dan tanggal

Nama Penulis

5. Contoh Kelima


Puji dan syukur senantiasa kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rida dan rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan hasil karya tulis ilmiah yang berjudul 'Upaya Pengurangan Dampak Limbah Rumah Tangga'.

Tidak lupa, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Nur Abidin yang yang telah membimbing dan membantu kami dalam proses penyusunan karya ilmiah ini. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada teman-teman yang telah membantu baik secara moral maupun material sehingga karya tulis ilmiah ini dapat terwujud.

Karya tulis ilmiah ini akan menjelaskan tentang fenomena 'Limbah Rumah Tangga' dan upaya untuk mengurangi dampak yang ditimbulkannya. Penulis menyadari bahwa masih ada kekurangan dan kesalahan dalam karya tulis yang disusun.

Oleh karena itu penulis mohon maaf atas kesalahan tersebut. Kritik dan saran dari pembaca senantiasa ditunggu oleh penulis guna meningkatkan kualitas tulisan ke depannya.

Tempat dan tanggal

Nama Penulis

6. Contoh Keenam


Puji syukur saya ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan karunia dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan skripsi ini dengan judul “Studi Komparasi Kinerja Keuangan Bank Syariah dan Bank Konvensional di Indonesia Periode 2019-2023”.

Skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi Syariah di Universitas Budi Nusantara. Saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu dan mendampingi saya dalam menyelesaikan skripsi ini.

Saya berterima kasih kepada Ibu Novi selaku pembimbing saya, Bapak Suparman selaku dosen penguji, dan keluarga serta sahabat yang selalu memberikan semangat dan motivasi. Semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi peningkatan kualitas perbankan syariah di Indonesia.

Tempat dan Tanggal

Nama Penulis

7. Contoh Ketujuh


Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kekuatan dan kesabaran kepada saya dalam menyelesaikan skripsi ini dengan judul “Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android pada Mata Kuliah Pemrograman Web”.

Skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Teknik Informatika di Universitas Bina Bangsa. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan saran selama saya menyusun skripsi ini, t

Terkhusus kepada Bapak Taryo selaku pembimbing saya, Ibu Sinta selaku dosen penguji, dan orang tua serta teman-teman yang selalu memberikan dukungan dan doa. Semoga skripsi ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu dan teknologi informasi.

Tempat dan Tanggal

Nama Penulis

8. Contoh Kedelapan


Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan skripsi ini dengan judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. XYZ”.

Skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi Manajemen di Universitas Karya Bangsa. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan memberikan dukungan

selama proses penyusunan skripsi ini, khususnya kepada Bapak Ronal selaku pembimbing utama, Bapak Iswanto selaku pembimbing pendamping, dan Ibu Siti selaku dosen penguji. Semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan masyarakat umumnya.

Tempat dan Tanggal

Nama Penulis

9. Contoh Kesembilan


Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kemudahan dan bantuan kepada saya dalam menyelesaikan skripsi ini dengan judul “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Konsumen Online Shop di Instagram”.

Skripsi ini merupakan salah satu persyaratan untuk memperoleh gelar Sarjana Ilmu Komunikasi di Universitas Budi Bangsa. Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi dan motivasi selama saya menyusun skripsi ini

Terutama kepada Ibu Romlah selaku pembimbing saya, Bapak Restu selaku dosen penguji, dan keluarga serta teman-teman yang selalu memberikan dukungan moral dan materi. Semoga skripsi ini dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi pembaca.

Tempat dan Tanggal

Nama Penulis

10. Contoh Kesepuluh


Segala puja dan puji hanya milik Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada saya sehingga saya dapat menuntaskan skripsi ini dengan judul “Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Komputer pada CV. WXY”.

Skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Akuntansi di Universitas Jaya Mipan. Saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung saya dalam menyelesaikan skripsi ini.

Khususnya kepada Bapak Rohman selaku pembimbing saya, Ibu Devi selaku dosen penguji, dan orang tua serta saudara-saudara yang selalu memberikan doa dan semangat. Semoga skripsi ini dapat berguna bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan praktek akuntansi.

Tempat dan Tanggal

Nama Penulis

Demikian penjelasan mengenai 10 kata pengantar makalah dan skripsi yang baik dan benar beserta strukturnya. Semoga bermanfaat.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2771 seconds (0.1#10.140)