Mengenal Pembelajaran Digital, Mahasiswa S2 Ilmu Komunikasi UPNVJ Kunjungi SEAMOLEC

Jum'at, 17 November 2023 - 19:48 WIB
loading...
Mengenal Pembelajaran Digital, Mahasiswa S2 Ilmu Komunikasi UPNVJ Kunjungi SEAMOLEC
Mahasiswa S2 Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ berkunjung ke SEAMOLEC di Kompleks Universitas Terbuka, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Rabu 15 November 2023. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Mahasiswa S2 Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) berkunjung ke SEAMOLEC di Pamulang, Tangerang Selatan untuk mengenal digitalisasi proses pembelajaran terbuka dan jarak jauh.

Salah satu contohnya adalah program pembelajaran berbasis Information and Communication Technology (ICT) sebagai alternatif untuk proses belajar.

SEAMOLEC adalah institusi yang bernaung di bawah Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) atau Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan se Asia Tenggara yang bertanggung jawab mengembangkan Pendidikan Terbuka dan Pendidikan Jarak Jauh di Asia Tenggara.

Baca juga: Selamat, Prodi S1 Farmasi UPNVJ Raih Akreditasi Baik Sekali

SEAMOLEC berpusat di Indonesia dan bekerja sama dengan Departemen Pendidikan Nasional, khususnya institusi yang menyelenggarakan PJJ maupun institusi pendukung program.

“SEAMOLEC ranahnya pada open learning melalui program unggulan media pembelajaran digital. Jadi kami fokus pada IT dalam open learning. Media ini sangat powerfull untuk menyampaikan media pembelajaran,” kata Direktur SEAMOLEC, Dr Wahyudin dalam sambutannya, Rabu (15/11/2023)

Wahyudin mengatakan penguasaan teknologi dan media digital sangat diperlukan seiring kemajuan teknologi yang cepat. Apalagi penguasaan teknologi sekarang sangat terkait erat dengan berbagai faktor, salah satunya kondisi geopolitik.

“Pembelajaran terbuka dan jarak jauh memang segmented, biar pun kecil-kecil tapi dibuat enak kayak makan kue. Apa pun peran kita lakukan yang terbaik, bukan sekadar passion tapi karena panggilan (calling),” katanya.

Mahasiswa S2 Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ yang hadir mendapatkan penjelasan berbagai tugas yang dilakukan SEAMOLEC dalam melakukan pembelajaran terbuka dan jarak jauh. Berbagai program menarik diselenggarakan rutin setiap bulan dan diinformasikan melalui berbagai media sosial.

Di antaranya pelatihan data sains dan mengembangkan berbagai media pembelajaran untuk tenaga pengajar maupun pelajar dan mahasiswa. Saat ini di Indonesia, masih jarang media dan streaming pembelajaran berbasis multimedia yang berjalan di internet.

“Kunjungan mahasiswa S2 Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ ke SEAMOLEC untuk belajar tentang digitalisasi yang terus berkembang. Apalagi untuk Program S2 Ilmu Komunikasi ada jurusan komunikasi digital,” kata Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP UPNVJ Dr. Fitria Ayuningtyas, S.Sos., M.Si.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)