Pertama Kali di Indonesia, Zakat Corner Wujudkan Mimpi Mahasiswa Jadi Enterpreneur

Sabtu, 18 November 2023 - 18:26 WIB
loading...
Pertama Kali di Indonesia, Zakat Corner Wujudkan Mimpi Mahasiswa Jadi Enterpreneur
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Walisongo bekerjasama dengan Baznas RI melaunching Zakat Corner di Semarang, Sabtu (18/11/2023). Foto/Ist
A A A
SEMARANG - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Walisongo bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI dalam program “santripreneur” melaunching Z Corner Baznas RI atau Zakat Corner yang berlokasi di Taman Enterpreneur FEBI.

Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu (18/11/2023) dan dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan UIN Walisongo Prof.Dr.M.Mukhsin Jamil,M.Ag., Dekan FEBI UIN Walisongo Dr.H.Muhammad Saifullah, M.Ag dan seluruh jajaran pimpinan UIN Walisongo. Peresmian Z Corner yang merupakan Z Corner Baznas RI yang pertama di Indonesia diresmikan langsung oleh Ketua Baznas Prof.Dr.KH.Noor Achmad,MA



Ada tiga Merek Usaha yang didampingi oleh Baznas di Zakat Corner UIN Walisongo yaitu Z Chicken, Z Coffe dan Z Mart. Z Corner ini kerjasama antara FEBI UIN Walisongo dengan Baznas untuk berkolaborasi memberikan program pemberdayaan masyarakat di kalangan mahasiswa yang berfokus mencetak enterpreneur baru di kalangan Mustahik.

Z Corner ini nantinya dikelola empat orang mahasiswa yang mendapatkan beasiswa kewirausahaan produktif dari BaznasI. Dalam pelaksanaannya mereka akan didampingi oleh Laboratorium Manajemen Zakat(LMZ) FEBI UIN Walisongo.

Ketua Baznas Prof.Dr.KH.Noor Achmad,MA menyampaikan Z corner program pemasaran yang sudah terintegrasi. Pihaknya bersama UIN Walisongo malakukan pemberdayaan kepada mustahik dari kalangan mahasiswa. Z Corner ini menjadi contoh mahasiswa bisa mengelola usaha dari harta zakat.

“ Harta zakat yang tidak pernah berkurang dan merugi, melalui Z Corner ini akan kami wujudkan bahwa pendampingan kepada mustahik untuk menjadi enterpreneur ini akan berkembang. Z corner dipilih karena semangat dari proposal serta ide usaha dari teman teman mahasiswa menarik, nantinya ada pendampingan yang baik dari LMZ . Mahasiswa diberikan permodalan dan infrastruktur serta pendampingan dan pembinaan,” ungkapnya dalam keterangan resminya, Sabtu (18/11/2023).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan UIN Walisongo Prof.Dr.M.Mukhsin Jamil,M.Ag menyampaikan apresianya kepada Baznas yang setiap tahunnya membuat kegiatan bersama.

“ Z Corner ini merupakan bentuk kerjasama dan kerja riil antara UIN Walisongo dan Baznas. Kami berterima kasih dan kedepannya semoga banyak kerjasama lainnya seperti MBKM dengan kegiatan praktis mahasiswa dimensi bisnis dan sosial,” pungkasnya.

Dekan FEBI UIN Walisongo Dr.H.Muhammad Saifullah, M.Ag menyampaikan ucapan terima kasih support Z Corner di Taman Enterpreneur. Dirinya berharap taman entrepreneur yang merupakan menjadi pioneer tidak hanya transfer knowladge tapi juga bagaimana menciptakan kreasi dan inovasi menjadi enterpreneur.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0976 seconds (0.1#10.140)