UT Dorong Hilirisasi Riset Karya Dosen dan Mahasiswa

Jum'at, 24 November 2023 - 12:17 WIB
loading...
UT Dorong Hilirisasi Riset Karya Dosen dan Mahasiswa
UT mensosialisasikan PkM melalui Senmaster dan Gelar Hasil Pengabdian kepada Masyarakat 2023. Foto/UT.
A A A
JAKARTA - Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) adalah salah satu bentuk hilirisasi riset di perguruan tinggi . Pengabdian masyarakat juga salah satu amanat Tridarma Perguruan Tinggi selain pendidikan dan pengajaran serta penelitian .

Universitas Terbuka (UT) mensosialisasikan PkM melalui Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat UT (Senmaster) dan Gelar Hasil Pengabdian kepada Masyarakat 2023.

Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama dan Bisnis UT Rahmat Budiman mengatakan, UT senantiasa mendekatkan diri kepada masyarakat untuk pembangunan berkelanjutan. Selain itu, implementasi atas hasil penelitian dan penerapannya langsung dapat dimanfaatkan.

Baca juga: Studium Generale UT Bahas Peran Leaderpreneurship Mahasiswa Menuju Indonesia Emas 2045
Menurutnya, hilirisasi atas produk riset melalui PkM dilakukan melalui konsep yang sesuai dengan kebutuhan, jadi, dosen turut berkontribusi dalam mengatasi masalah pembangunan bangsa.

Ke depannya, Rahmat mengatakan bahwa UT akan merancang PkM bagi masyarakat dengan fokus utama di negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia lewat kolaborasi antar perguruan tinggi, kelompok masyarakat, dan mitra lainnya.

"Hari ini merupakan pembuktian para dosen dalam pemberdayaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ilmu Pengetahuan dan teknologi tak hanya disimpan untuk diri sendiri namun juga ke masyarakat," ungkapnya.

Sedangkan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UT Prof. Dra. Dewi Artati Padmo Putri menjelaskan, Senmaster dan Gelar Hasil PkM bertujuan sebagai wadah untuk mendiseminasikan, menyajikan dan memamerkan produk-produk hasil kegiatan PkM.

Baca juga: Jadi Doktor Pertama UT, Ini yang Jadi Studi Disertasi Wali Kota Madiun

"Program ini fokus pada upaya pemberdayaan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat yang menjadi mitra dan penerima manfaat PkM," imbuhnya.

Seminar menyajikan secara oral proses, hasil, dan dampak dari kegiatan PkM terhadap masyarakat. Ada 113 penyaji makalah yang akan tampil dalam sesi seminar ini, terdiri dari 31 penyaji makalah dari UT pusat, 36 dosen penyaji makalah dari berbagai UT Daerah, 3 penyaji makalah dari mahasiswa dan 43 penyaji makalah dari instansi luar UT.

Gelar Hasil menyajikan 40 booth produk PkM yang dihasilkan oleh civitas academica UT dan mitra,yang terbagi dalam 4 kategori gelar hasil, yakni Kuliner, Fashion, Alat/Teknologi, dan Lingkungan Hidup.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1057 seconds (0.1#10.140)