Cetak Sejarah, Sekolah Indonesia Jeddah Menang di OPSI 2023 dengan Inovasi Ini

Jum'at, 24 November 2023 - 14:21 WIB
loading...
A A A
Proses ini mereka lakukan di bawah monitoring ahli Pasikometrik, Prof. Dr. Farida Agus Setiawati, S.Psi., M.Si., dosen dari Universitas Negeri Yogyakarta. Butir soal tersebut mereka seting sebagai dialog dalam novel game berbasis 2D dengan tema slice of life dan berlokasi di sebuah Cafe. Grafiknya serupa dengan kartun.

Game yang bisa diakses menggunakan Android, iOS, atau computer ini memiliki alur cerita dengan pemeran utama yaitu pemain sebagai karakter yang bercerita. Karakter pada InnerSight ini terdiri dari 1 Non Player Character (NPC) bernama Cello, dan 1 pemain dengan jenis kelamin yang bergantung pada jenis kelamin pemain.

Pada percakapan mereka pemain akan memilih beberapa opsi jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Di akhir dialog, hasil dari kondisi kesehatan pemain akan keluar dan menunjukkan angka dan klasifikasi, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Saat hasil yang keluar adalah rendah maka game akan menampilkan barcode yang akan ditujukan ke sebuah laman Halodoc berisi beberapa ahli psikologi yang bisa dihubungi untuk konsultasi.

Aplaikasi game ini telah diujicobakan kepada 135 siswa SMA di sekolah Indonesia Jeddah dan terbukti memiliki reliabilitas dan validitas tinggi. Selain itu, selama expo, game ini juga dicoba oleh pengunjung dan terbukti hasilnya valid, sesuai dengan kondisi kesehatan mental pengunjung.

“Ke depan, game ini akan digunakan oleh SIJ untuk membantu meningkatkan efektifitas pelayanan konseling. Siswa yang datang ke BK akan diminta memainkan game ini terlebih dahulu sebelum konselor menentukan tindak lanjut apa yang akan diberikan, tentu berdasarkan kasus yang dihadapi dan hasil kesehatan mental siswa,” ujar Sutikno, Kepala Sekolah SIJ.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1449 seconds (0.1#10.140)