Perkuat Kerja Sama Pendidikan, Delegasi UPN Veteran Jakarta Kunjungi UNN Rusia

Jum'at, 24 November 2023 - 19:06 WIB
loading...
Perkuat Kerja Sama Pendidikan, Delegasi UPN Veteran Jakarta Kunjungi UNN Rusia
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPNVJ, Istiyanto S. Bekti, dan Kajur Komunikasi, Munadhil Abdul Muqsith, berkunjung ke Lobachevsky State University of Nizhny Novgorod (UNN), Rusia. Foto/Ist UPNVJ
A A A
NIZHNY NOVGOROD - Delegasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) berkunjung ke Lobachevsky State University of Nizhny Novgorod (UNN), Rusia, pada 21 November 2023.

Misi kunjungan ini untuk memperkuat kesepakatan kerja sama pendidikan dan ilmiah yang telah disepakati dalam Memorandung of Undertanding (MoU) pada 27 Maret 2023.

Delegasi UPNVJ diwakili oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Istiyanto S. Bekti dan Kepala Departemen (Kajur) Komunikasi, Munadhil Abdul Muqsith. Delegasi UPNVJ juga tampil sebagai guest lecturer atau dosen tamu mahasiswa Jurusan Public Relations dan Jurnalistik, Institut Philology and Journalism, UNN.



Dekan FISIP UPNVJ Istiyanto S. Bekti membawakan topik “Komunikasi Untuk Solusi Konflik Sosial Budaya - Studi Kasus Peran Komunikasi Antar Budaya Di Indonesia”. Sementara, Kajur Komunikasi, Munadhil Abdul Muqsith menyampaikan materi “Sistem Media di Indonesia”.

“Kami terus mengupayakan implementasi melalui berbagai program kerja sama ilmiah dan pendidikan internasional dengan berbagai kampus di negara lain seperti saat ini,” kata Bekti di Nizhny Novgorod, Rusia dalam keterangan resminya, Jumat (24/11/2023).

Selain guest lecturer, Delegasi UPNVJ melakukan benchmarking dengan mengunjungi Media Center UNN untuk melihat laboratorium media milik kampus UNN. “Pengelolaan laboratorium dan sinergi antar matakuliah praktik di sini bisa jadi masukan di FISIP UPNJ,” ujar Bekti.

Dalam kesempatan ini juga UPNVJ dan UNN melakukan negosiasi kerja sama dengan Wakil Rektor Bidang Kegiatan dan Jaringan Internasional Lobachevsky University, Alexander Bedny; Deputy Wakil Rektor, Konstantin Kemaev; Direktur Institut Filologi dan Jurnalisme, Larisa Zhukovskaya; dan Wakil Direktur IFIZh, Lyudmila Makarova.

Dalam pertemuan itu dibahas kerja sama ilmiah dan pendidikan, termasuk peluncuran program pertukaran akademik, pengembangan penelitian ilmiah, termasuk proyek bersama untuk mempelajari teknologi pengecekan fakta.

Termasuk mengadakan konferensi bersama dan interaksi di bidang pembelajaran bahasa Rusia sebagai bahasa asing untuk pelajar Indonesia. Selain itu, para peserta berbicara tentang prospek pembuatan program pendidikan dan kursus jangka pendek di bidang yang paling menjanjikan, yaitu jurnalisme internasional dan hubungan internasional.

Pihak UPNVJ juga menyatakan minat yang besar untuk bekerja sama di bidang lain, seperti kedokteran fundamental dan klinis, pertanian dan bioteknologi, ilmu material, ilmu komputer, ekonomi dan hukum internasional.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)