Kisah Guru Kuswanto, Dijuluki Manusia Pohon, Diberi Hadiah Jadi Kepala Sekolah oleh Jokowi

Minggu, 26 November 2023 - 08:16 WIB
loading...
Kisah Guru Kuswanto, Dijuluki Manusia Pohon, Diberi Hadiah Jadi Kepala Sekolah oleh Jokowi
Guru Kuswanto dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2023. Foto/BPMI Sekretariat Presiden.
A A A
JAKARTA - Seorang guru bernama Kuswanto mendapat kesempatan langsung bercerita tentang kehidupan mengajarnya di depan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Puncak Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2023. Begini kisahnya.

Pada saat menyampaikan sambutan di HGN 2023 yang dihelat di Indonesia Arena Jakarta, Sabtu (25/11/2023), Presiden Jokowi meminta seorang Guru Penggerak untuk maju menghampiri dirinya di atas podium.

Kesempatan ini pun tak disia-siakan oleh sejumlah guru yang berlari menuju panggung. Begitu pula dengan Kuswanto. Dengan setengah berlari, ia bergegas menuju podium dan berdiri di samping Presiden Jokowi di atas podium utama.

Baca juga: Jokowi Minta Nadiem Angkat Guru yang Berdedikasi 30 Tahun jadi Kepala Sekolah

Kepada Presiden, Kuswanto yang mengenakan kaos hitam bertuliskan Merdeka Belajar memperkenalkan dirinya adalah seorang Guru Penggerak yang berasal dari Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Kuswanto sehari-hari mengajar di daerah yang termasuk dalam 3T (daerah tertinggal, terdepan, dan terluar). Di tempat ia mengajar yang berada di ketinggian 1.539 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Dijuluki "Manusia Pohon"


Kondisi geografis inilah yang menyebabkan sinyal telepon seluler kadang sulit dijangkau dan menjadi tantangan ia dalam mengajar. Ia pun menyampaikannya kepada Presiden Jokowi.

“Alhamdulillah saya waktu itu Guru Penggerak angkatan 7, CGP angkatan 7 lulus. Kemudian saya kalau ikut rukol (ruang kolaborasi)—karena ada tugas dengan fasilitator maupun instruktur—saya naik di atas pohon untuk mencari jaringan sehingga saya dikenal sebagai manusia pohon,” tuturnya disambut gelak tawa hadirin, dikutip dari laman presidenri.go.id, Minggu (26/11/2023).

Di hadapan mantan Gubernur DKI Jakarta ini, Kuswanto mengaku telah mengabdi sebagai pahlawan tanpa tanda jasa selama kurang lebih 30 tahun. Kuswanto pertama kali diangkat menjadi guru pada tahun 1993.

Baca juga: Presiden Jokowi: Tingkat Stress Guru Lebih Tinggi dari Profesi Lainnya

Mendengar hal tersebut, Presiden Jokowi pun berujar, “Pak Menteri, kepala sekolah,” ujar Presiden disambut riuh para guru yang hadir di Peringatan Haru Guru Nasional yang digelar Kemendikbudristek ini.

Hadiah Sepeda


Presiden Jokowi pun memberikan apresiasi terhadap dedikasi dan pengabdian Kuswanto sebagai pahlawan tanpa tanda jasa itu sebuah sepeda. Diketahui, Presiden Jokowi memang selalu memberikan hadiah sepeda melalui mekanisme tanya jawab atau kuis "live" di atas panggung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1619 seconds (0.1#10.140)