5 Persiapan Daftar Beasiswa ke Luar Negeri yang Wajib Diketahui, Harus Gercep

Senin, 27 November 2023 - 08:56 WIB
loading...
5 Persiapan Daftar Beasiswa ke Luar Negeri yang Wajib Diketahui, Harus Gercep
Ada setidaknya 5 persiapan penting ketika seseorang akan mendaftar beasiswa ke luar negeri, salah satunya adalah tentang keterampilan berbahasa asing. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 persiapan mendaftar beasiswa ke luar negeri yang wajib diketahui mahasiswa. Melanjutkan kuliah di luar negeri menggunakan fasilitas beasiswa menjadi impian banyak orang Indonesia. Terlebih saat ini bukan hanya banyak tawaran beasiswa ke luar negeri tetapi juga informasi mengenai hal itu juga mudah diperoleh.

Bagi kamu yang berencana melanjutkan pendidikannya ke luar negeri, perlu tahu persiapan apa saja yang harus dilakukan untuk mendaftar beasiswa. Apa saja berkas yang perlu disiapkan? Artikel kali ini akan khusus membahas 5 persiapan daftar beasiswa ke luar negeri, simak ya!

5 Persiapan Daftar Beasiswa ke Luar Negeri yang Wajib Diketahui


1. Keterampilan Bahasa Asing


Karena akan menempuh studi di negara lain, tentu kelancaran berbahasa asing adalah yang utama. Khususnya dalam hal menguasai bahasa Inggris. Bahasa internasional ini akan sangat bermanfaat untuk berkomunikasi.

Sehingga langkah pertama dan cukup penting bagi mahasiswa yang ingin mendaftar beasiswa ke luar negeri adalah keterampilan berbahasa asing. Kamu harus melampirkan sertifikat tes bahasa Inggris seperti TOEFL dengan skor minimal 550 (paper based) dan IELTS dengan skor 6,5-7.

Selain Bahasa Inggris, mahasiswa juga perlu mempelajari bahasa negara yang dituju. Kamu bisa mencari program beasiswa dengan benefit pelatihan bahasa secara gratis juga. Dengan mengetahui bahasa asing sesuai negara tempat kamu bakal mengenyam pendidikan, akan mempermudah perkuliahan dan bersosialisasi dengan teman di kampus.


2. Riset Tentang Program Beasiswa


Sebelum mendaftar beasiswa ke luar negeri, mahasiswa perlu melakukan riset tentang program beasiswa apa dan negara mana yang akan dipilih untuk melanjutkan studi. Pasalnya tiap program beasiswa memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Seperti jenis beasiswa, keperluan yang dibiayai, akomodasi, dan lainnya.

3. Aktif Bertanya ke Pihak Kampus


Tips berikutnya, kamu bisa menanyakan hal-hal terkait program itu kepada pihak kampus. Beasiswa memang bisa diperoleh secara individu. Namun, biasanya kampus juga memiliki rekomendasi atau kerjasama dengan universitas asing yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Untuk mendapatkan informasi tersebut, mahasiswa bisa mulai bertanya kepada tingkat yang paling dekat seperti program studi. Biasanya, prodi memiliki kerjasama dengan universitas asing di bidang yang sama. Sedangkan informasi dari kampus lebih ke arah umum. Mahasiswa bisa bertanya mulai dari ranah prodi jika ingin melanjutkan studi di bidang linier.

4. Gerak Cepat


Saat mengetahui program beasiswa incaranmu akan membuka pendaftaran, sebaiknya kamu langsung mempersiapkan segala persyaratan. Tiap program beasiswa memiliki rentang waktu yang berbeda-beda. Kamu bisa mengikuti informasi tersebut di media sosial seperti website resmi, instagram, atau lainnya.

5. Siapkan Berkas Persyaratan Beasiswa


Berkas persyaratan adalah salah satu hal penting saat mendaftar beasiswa ke luar negeri. Jika ada berkas yang kurang lengkap, tentunya akan mengurangi kesempatanmu lolos beasiswa tersebut.

Sehingga mahasiswa wajib menyimak beberapa dokumen umum yang biasanya digunakan sebagai syarat mendaftar beasiswa. Dokumen persyaratan umum beasiswa luar negeri biasanya terdiri dari:

a. Fotokopi KTP

b. Foto berwarna ukuran 3Ă—4

c. Ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir

d. Paspor (bisa juga diminta visa) Curriculum Vitae (CV)

e. Motivation letter dan essay

f. Hasil tes bahasa Inggris (TOEFL/ IELTS) g. Surat rekomendasi
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4092 seconds (0.1#10.140)