Jadi Mahasiswa Baru, 7 Hal Penting Ini Harus Disiapkan untuk Masuk Perguruan Tinggi

Kamis, 30 November 2023 - 07:32 WIB
loading...
Jadi Mahasiswa Baru, 7 Hal Penting Ini Harus Disiapkan untuk Masuk Perguruan Tinggi
Salah satu hal penting yang harus dipersiapkan calon mahasiswa baru di perguruan tinggi adalah mencari informasi mengenai pendaftaran masuk ke universitas yang dituju. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini sejumlah hal penting yang harus dipersiapkan calon mahasiswa untuk masuk ke perguruan tinggi. Tahun ajaran baru sebentar lagi akan tiba. Bagi kamu yang berminat melanjutkun studi ke perguruan tinggi baik di perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS), sudah seharusnya mulai mempersiapkan diri untuk menjadi mahasiswa baru.

Pindah fase bangku sekolah ke bangku perkuliahan tentu mengharuskan kamu mempersiapkan berbagai hal. Apa saja yang peru dipersiapkan calon mahasiswa untuk masuk ke gerbang perguruan tinggi? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Sejumlah Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Masuk Perguruan Tinggi


1. Mencari tahu informasi pendaftaran


Perguruan tinggi baik negeri maupun swasta umumnya membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru sejak awal tahun. Nantinya, tiap perguruan tinggi memiliki jalur penerimaan mahasiswa baru yang berbeda-beda. Untuk itu, pastikan kamu mencari informasi pendaftaran secara detail.

2. Mencari dan menentukan jurusan


Hal pertama yang wajib kamu pikirkan sebelum menentukan ingin melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi mana adalah kamu harus mengetahui terlebih dahulu jurusan apa yang akan dipilih. Setelah kamu mengetahui minat dan bakatmu cocok di jurusan apa, maka barulah kamu bisa membandingkan jurusan yang dipilih di beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan tersebut.

3. Mempersiapkan diri untuk mengikuti tahapan seleksi


Ketika sudah mendaftar, kamu harus memahami pula proses seleksi di perguruan tinggi yang dipilih. Umumnya, perguruan tinggi akan meminta setiap calon mahasiswa baru untuk melampirkan berkas-berkas tertentu. Tiap perguruan tinggi tentu memilih aturan seleksi masing-masing, sehingga kamu harus lebih aktif dan teliti lagi dalam memahami informasi pendaftaran yang ada.


4. Mempersiapkan mental dengan baik


Dunia perkuliahan tentu akan jauh berbeda dengan situasi ketika kamu duduk di bangku sekolah. Untuk itu, sebelum masuk perguruan tinggi ada baiknya kamu mempersiapkan mental terlebih dahulu. Kamu wajib mengubah mental anak sekolah yang kamu adobsi selama duduk di bangku sekolah menjadi mental anak kuliahan.

5. Belajar mengatur time management dengan baik


Jam belajar mengajar di dunia perkuliahan tentu akan berbeda dengan jam belajar pada masa sekolah. Jika biasanya di sekolah kamu memiliki jam belajar yang pasti, maka kamu harus siap menghadapi jam belajar di dunia perkuliahan yang bisa berganti-ganti. Di dunia perkuliahan, belum tentu setiap hari kamu akan mendapatkan jadwal kuliah.

6. Memiliki gadget penunjang kuliah


Kegiatan dalam dunia perkuliahan biasanya tidak selalu menggunakan textbook sebagai sumber referensi. Seringkali dosen juga akan meminta mahasiswa mencari referensi baru dengan memanfaatkan laptop atau tablet untuk menunjang kegiatan perkuliahan. Untuk itu, pastikan laptop atau tablet masuk dalam daftar yang wajib kamu miliki sebelum masuk dunia perkuliahan ya!

7. Mencari kost


Khusus untuk mahasiswa baru yang merantau, mencari kost menjadi salah satu hal yang wajib kamu persiapkan sebelum memasuki dunia perkuliahan. Mengingat kost-kostan akan menjadi rumah di kota rantau, kamu harus mencari rumah kost yang aman, nyaman dan memiliki fasilitas yang dapat menunjang aktifitas. Ada baiknya lagi jika kamu mencari kost yang dekat dengan lokasi kampus guna memudahkan kamu dalam menjangkau kampus.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0745 seconds (0.1#10.140)