8 Kursus Online dengan Sertifikat yang Perlu Diketahui, Perkaya CV untuk Daftar Kerja

Senin, 04 Desember 2023 - 12:52 WIB
loading...
8 Kursus Online dengan Sertifikat yang Perlu Diketahui, Perkaya CV untuk Daftar Kerja
Mengikuti kursus online memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menambah pengalaman dan memperkaya curriculum vitae (CV). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 8 kursus online dengan sertifikat yang perlu diketahui. Mengikuti kursus online dengan sertifikat bisa digunakan untuk menambah pengalaman dan "mempercantik" Curriculum Vitae (CV).

Dengan mengikuti berbagai kursus online, bisa menambah keterampilan sehingga perusahaan pun tak ragu untuk merekrutmu.Artikel kali ini akan secara khusus membahas 8 kursus online dengan sertifikat yang perlu diketahui, simak ya!

8 Kursus Online dengan Sertifikat yang Bisa Memperkaya CV


1. Google Skillshop


Kursus online gratis yang pertama adalah Google Skillshop. Mungkin masih banyak yang belum tahu, kalau Google menyediakan kursus online bersertifikat yakni Google Skillshop. Website ini menyediakan berbagai kursus yang akan membantu dalam menguasai berbagai fitur Google.

Kursus ini sangat cocok untuk kamu yang ingin bekerja atau sedang bekerja di dunia digital marketing. Beberapa kursus yang tersedia seperti Pengelolaan Konten dan Aset Youtube, Google Analytics, Google Ads, dan masih banyak lagi.

2. IndonesiaX


IndonesiaX menjadi salah satu kursus online berbahasa Indonesia. Di IndonesiaX ada berbagai pilihan materi yang tersedia dalam bahasa Indonesia.

Kursus online ini juga menggandeng institusi dan instansi besar sebagai pemateri seperti Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Institusi Teknologi Bandung, Bank Negara Indonesia, dan masih banyak lagi.

Materi kursus yang bisa kamu pilih misalnya Business and Management, Communication, Computer Science, Engineering, Law, Economics and Finance dan lain-lain. Kursus di IndonesiaX juga gratis, namun bila kamu ingin mendapatkan sertifikat kamu perlu membayar biaya administrasi sebesar Rp 250.000. Jika ingin mencoba mengikuti kursus di IndonesiaX, bisa membacanya di laman berikut https://indonesiax.co.id.

3. Oracle


Kursus online berikutnya adalah Oracle. Dengan mengikuti kursus online Oracle, kamu bisa memperdalam ilmu teknologi dan informasi. Ada banyak materi kursus online gratis yang tersedia dan bisa kamu ikuti diantaranya data science dan cloud computing.


Durasi setiap kursus berbeda-beda, mulai dari 3 jam hingga 20 jam. Kamu bisa mengikuti kursus Oracle dengan membuka link berikut ini oracle.com/corporate/blog/free-certifications-oracle-oci-autonomous-033020.html

4. Microsoft


Jika kamu ingin memperdalam skill di bidang cloud computing, kursus online Microsoft bisa jadi pilihan tepat. Sebagai perusahaan teknologi terbesar dunia, Microsoft juga menyediakan kursus online gratis dengan materi konsep cloud computing, jenis-jenis cloud computing, dan berbagai layanan cloud computing. Untuk mengikuti kursus ini, kamu bisa akses langsung microsoft.com/en-us/trainingdays.

5. EdX


Kursus online gratis selanjutnya yang bisa kamu ikuti adalah EdX. Ada berbagai macam materi yang bisa kamu ikuti desain, pemrograman, ilmu bahasa, dan lain-lain.

Selain menyediakan banyak materi, kelebihan lain dari EdX adalah telah bekerja sama dengan banyak universitas terkemuka seperti dengan Universitas Harvard, Institut Teknologi Massachusetts, Universitas Boston, hingga Universitas California.

6. Google Digital Garage


Satu lagi kursus online dari Google yang bisa kamu coba daftar yakni Google Digital Garage. Google Digital Garage ini juga merupakan kursus online gratis yang bisa kamu manfaatkan.

Berbagai materi yang berhubungan dengan dunia digital bisa kamu pelajari secara gratis di sini. Mulai dari digital marketing, business and career development, programming, data dan teknologi, dan masih banyak lagi.

Materi disampaikan dengan video yang mendalam dan terperinci, jadi kamu jangan khawatir takut tidak bisa mengerti. Bila ingin mencoba kursus online gratis Google, kamu bisa akses di learndigital.withgoogle.com/digitalgarage.

7. Coursera


Coursera merupakan situs yang sudah ada dari tahun 2012 ini menyediakan lebih dari 3.900 kursus. Beberapa kursus tersedia gratis. Kamu dapat mengikuti berbagai bidang secara gratis, seperti seni, kesehatan, analisis data, bisnis, dan lain-lain. Apabila kamu tertarik mendaftar, bisa membaca info lengkapnya di coursera.org.

8 Digital Talent Scholarship Kominfo


Kursus online berbahasa Indonesia ini merupakan program pelatihan yang disediakan oleh Kominfo. Program ini terbuka untuk masyarakat umum dan fokus pada bidang IT. Beberapa program pelatihan yang tersedia antara lain VSGA (Vocational School Graduate Academy), FGA (Fresh Graduate Academy), CTA (Coding Teacher Academy), OA (Online Academy), TA (Thematic Academy), serta RDA (Regional Development Academy). Kursus online bersertifikat ini bisa kamu ikuti secara gratis. Jika kamu tertarik, kamu bisa akses https://digitalent.kominfo.go.id.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1103 seconds (0.1#10.140)