Biar Konsentrasi Saat Ujian Semester, Mahasiswa UGM Dapat Sarapan Gratis

Selasa, 05 Desember 2023 - 08:16 WIB
loading...
Biar Konsentrasi Saat Ujian Semester, Mahasiswa UGM Dapat Sarapan Gratis
UGM menyediakan sarapan gratis bagi mahasiswanya saat Ujian Akhir Semester (UAS). Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Mahasiswa UGM yang mejalani ujian semester akan diberikan sarapan gratis oleh pihak kampus. Menunya pun beragam biar mahasiswa tidak bosan.

Penyediaan sarapan gratis dari Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk para mahasiswanya selama ujian semester ini sejatinya sudah dilakukan sejumlah fakultas seperti Fakultas Biologi, FISIPOL, Fakultas Pertanian, dan fakultas lainnya dalam beberapa waktu terakhir.

Fasilitas sarapan gratis ini diberikan untuk mendukung kesehatan khususnya pemenuhan gizi mahasiswa UGM saat melaksanakan ujian. Hal ini sebagai bagian dari upaya yang dilakukan pihak kampus dalam mewujudkan kampus yang sehat bagi mahasiswanya.

Dekan Fakultas Biologi UGM, Prof. Dr. Budi S. Daryono mengungkapkan sejak 2022 lalu pihaknya telah menyediakan sarapan gratis bagi mahasiswa yang tengah menjalani ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS).

Baca juga: Asiknya, Ada Mata Kuliah Pengembangan Karier di UGM, Siapkan Mahasiswa ke Dunia Kerja

Program ini dinamai SAPA PAGI (Sarapan Pagi) dengan menyediakan 200 porsi sarapan setiap harinya dengan menu yang beragam. Mahasiswa bisa mendapatkan sarapan gratis selama periode ujian termasuk seperti UAS saat ini yang berlangsung mulai 4-15 Desember 2023 dengan menunjukkan kartu ujian atau KTM.

Budi mengungkapkan penyediaan sarapan gratis ini terinspirasi dari pengalamannya saat menjadi mahasiswa S1. Kala itu, ada temannya yang pingsan saat ujian akhir semester akibat tidak sempat sarapan terlebih dahulu.

“Karenanya kami berinisiatif untuk menyediakan SAPA PAGI bagi seluruh mahasiswa Fakultas Biologi baik Program Sarjana dan Pascasarjana yang sedang mengikuti UTS atau UAS di kampus,” katanya, dikutip dari laman UGM, Selasa (5/12/2023).

Budi berharap dengan program sarapan pagi ini diharapkan tak hanya menambah stamina mahasiswa selama ujian. Namun, juga menambah semangat dan motivasi belajar menghadapi ujian.

Baca juga: Riwayat Pendidikan Anak Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam Ganjar, Sama-sama Kuliah di UGM

Upaya untuk mendukung kesejahteraan mahasiswa selama ujian semester juga dilakukan Fakultas Pertanian dengan penyediaan sarapan gratis dengan program bernama Pondasi. Seperti saat pelaksanaan ujian akhir semester yang berlangsung pada 4-19 Desember 2023 menyediakan total 10.000 porsi sarapan gratis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1483 seconds (0.1#10.140)