Partai Perindo Apresiasi Komitmen Ganjar-Mahfud Permudah Akses Pendidikan Bagi Disabilitas

Kamis, 07 Desember 2023 - 15:29 WIB
loading...
Partai Perindo Apresiasi Komitmen Ganjar-Mahfud Permudah Akses Pendidikan Bagi Disabilitas
Juru Bicara (Jubir) Nasional DPP Partai Perindo Ike Julies Tiati atau Ike Suharjo. Foto/MPI.
A A A
JAKARTA - Juru Bicara (Jubir) Nasional DPP Partai Perindo Ike Julies Tiati atau Ike Suharjo mendukung penuh langkah capres dan cawapres 2024 nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk memberikan kemudahan akses pendidikan bagi kaum disabilitas di seluruh Indonesia.

Menurut Ike, hal tersebut merupakan komitmen nyata Ganjar-Mahfud MD kepada kaum disabilitas.

"Pasangan Ganjar-Mahfud sangat peduli dengan teman-teman disabilitas. Pasangan Ganjar-Mahfud selalu berkomitmen meningkatkan kesejahteraan maupun keadilan bagi teman-teman disabilitas," kata Ike kepada wartawan, Kamis (7/12/2023).

Menurut Ike yang juga Caleg DPR RI Dapil Sumatera Selatan II ini, komitmen Ganjar-Mahfud bukan hanya isapan jempol belaka, namun juga sudah dibuktikan dengan aksi nyata di dalam kehidupan masyarakat.

Baca juga: Pria Difabel Curhat ke Ganjar Pranowo Soal Sulitnya Akses Pendidikan Bagi Disabilitas

Ini dibuktikan dengan program, visi dan misi Ganjar-Mahfud yang ramah terhadap teman-teman disabilitas.

"Ada program disabilitas maju dan produktif. Nah, di sini dibuka ruang seluas-luasnya diberikan kepada teman-teman disabilitas," jelas Ike.

Program disabilitas ini dengan adanya kesetaraan akses pendidikan, pekerjaan, dan upah serta fasilitas umum atau pelayanan publik.

"Termasuk infrastruktur yang tentunya ramah terhadap teman-teman disabilitas," paparnya.

Selain itu, juga ada program dana abadi kesejahteraan sosial bagi disabilitas untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat disabilitas.

"Di TPN Ganjar-Mahfud ada juru bahasa isyarat. Nah, ini juga untuk memudahkan teman-teman disabilitas mendapatkan informasi mengenai visi misi ataupun program Ganjar-Mahfud," tegas Ike.

Baca juga: Perindo Minta Kesejahteraan dan Literasi Keuangan Guru Ditingkatkan Agar Tak Tertipu Investasi Bodong

Karena itu, dengan adanya program ini, Ganjar-Mahfud tidak hanya ingin mewujudkan atau berkomitmen untuk adanya kesetaraan membuka ruang seadil-adilnya bagi teman-teman disabilitas, namun juga mewujudkan lingkungan yang inklusif.

Sebelumnya, komitmen Ganjar untuk memastikan kemudahan akses pendidikan kaum disabilitas di seluruh Indonesia disampaikannya saat berkunjung dan berdialog di Rumah Pelatihan Dewan Pengurus Cabang Gerakan Untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia Balikpapan, Selasa (5/12/2023).

Ganjar menyampaikan keinginan penyandang disabilitas memang sudah seharusnya diakomodir dan dilaksanakan. Sebenarnya hal itu sudah ada aturannya, tinggal bagaimana melaksanakannya.

"Ternyata sederhana sekali permintaan mereka. Kesempatan dan akses pendidikan kami diperbaiki, kesempatan untuk bekerja dengan persentase PNS di pemerintahan maupun di perusahaan. Aturan sudah ada tinggal dilaksanakan dan kontrolnya," ujar Ganjar.

Politikus berambut putih itu menceritakan bagaimana memprioritaskan penyandang disabilitas, kaum perempuan dan anak-anak ketika menyusun program pembangunan saat masih menjabat Gubernur Jawa Tengah.

"Saya sudah pengalaman ketika Musrenbang melibatkan mereka dan menjadi kelompok pertama menyampaikan pendapat," paparnya.

Karena itu, Ganjar memastikan agar program ramah disabilitas harus dilaksanakan secara merata.

"Itu kan sudah ada aturannya. Tinggal dilaksanakan dan kontrolnya harus baik," tandasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1693 seconds (0.1#10.140)