Perhatian, Jalur SNBT dan Mandiri PTN 2024 Terlarang untuk Peserta Ini

Jum'at, 08 Desember 2023 - 17:02 WIB
loading...
Perhatian, Jalur SNBT dan Mandiri PTN 2024 Terlarang untuk Peserta Ini
Perubahan mekanisme SNBT dan seleksi mandiri PTN 2024 yang perlu diketahui calon mahasiswa. Foto/Zenius.
A A A
JAKARTA - Ada perubahan mekanisme Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024. Informasi ini pun penting diketahui calon mahasiswa baru di kampus negeri.

Pada SNPMB 2023 dan tahun-tahun sebelumnya, jalur seleksi diubah menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan juga Seleksi Mandiri.

Perubahan SNPMB di 2024 ini adalah, bagi calon mahasiswa yang sudah diterima jalur prestasi atau SNBP, tidak diperkenankan mendaftar kembali di jalur SNBT 2024.

Kemudian, siswa yang telah dinyatakan lulus yang seleksi jalur SNBP 2024 juga tidak dapat mendaftar di seleksi mandiri perguruan tinggi negeri.

Baca juga: Resmi, Ini Jadwal Pendaftaran SNBP dan SNBT 2024

Menurut Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek, Anindito Aditomo, mengatakan, perbaikan ini berdasar pada optimalisasi kuota dan prinsip keadilan.

"Ada perubahan ketentuan. Calon mahasiswa yang diterima di jalur prestasi tak bisa mendaftar di jalur tes atau mandiri. Dan yang sudah mendaftar ulang di jalur tes tak bisa diterima di jalur mandiri," kata Anindito dalam Konferensi Pers SNPMB Tahun 2024, Jumat (8/12/2023).

Anindito mengungkapkan, untuk jalur Mandiri akan tetap dibuka bagi mahasiswa yang sudah diterima di dua jalur sebelumnya, maka hal tersebut akan mempersempit peluang calon mahasiswa baru lainnya.

Baca juga: Ada Perubahan di SNBT SNBP 2024, Cek Info Pentingnya

"Kalau kita buka opsi bagi calon mahasiswa untuk mendaftar meskipun mereka sudah diterima dan daftar ulang di jalur prestasi dan tes, mereka masih boleh coba-coba di PTN-PTN lain, Prodi-prodi lain, melalui Jalur Mandiri, ini kita memberikan keistimewaan kepada calon mahasiswa yang punya privilege ekonomi yang berlebih," tuturnya.

Kemudian, lanjut Anindito, hal tersebut akan merugikan pada calon mahasiswa yang memiliki cut off atau calon mahasiswa yang memiliki nilai di bawah ambang batas
pada jalur prestasi. Calon mahasiswa yang berada di bawah nilai ambang batas tidak diterima karena anggapan jika kuota sudah penuh.

"Padahal ternyata ada cukup banyak yang kemudian tidak menggunakan kursi yang sudah mereka dapatkan itu," kata Anindito.

"Padahal harusnya bisa diisi oleh calon mahasiswa baru yang ada di urutan-urutan selanjutnya. Jadi ini prinsipnya bukan hanya optimalisasi kuota tapi optimalisasi yang lebih berkeadilan," imbuhnya.

Jalur SNBP dan SNBT sepenuhnya dipersiapkan oleh Panitia SNPMB, sedangkan jalur Seleksi Mandiri dikelola sepenuhnya oleh PTN masing-masing.

Semangat pelaksanaan SNPMB 2024 adalah akuntabilitas, transparansi, dan berkeadilan. Sejumlah perubahan pada mekanisme
SNPMB PTN 2024 bertujuan untuk mendorong peserta didik fokus mengenali bakat, minat, aspirasi karier serta bertanggung jawab terhadap pilihan yang diambilnya
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)