Apa Itu Hortatory Exposition Text dalam Bahasa Inggris?

Minggu, 10 Desember 2023 - 18:05 WIB
loading...
Apa Itu Hortatory Exposition Text dalam Bahasa Inggris?
Hortatory Exposition Text merupakan salah satu dari sejumlah jenis teks dalam bahasa Inggris. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Hortatory Exposition Text merupakan salah satu dari sejumlah jenis teks dalam bahasa Inggris . Teks ini bersifat formal dan harus ditulis berdasarkan fakta.

Hortatory Exposition Text artinya adalah jenis teks yang bersifat persuasif, digunakan untuk meyakinkan pembaca agar melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu.

Jenis teks ini dapat berupa artikel, jurnal ilmiah , buku ilmiah, pidato akademis, editorial, koran, dan majalah.

Jenis teks Hortatory Exposition bila diperhatikan memiliki jenis yang identik dengan Analytical Exposition namun yang membedakan adalah fungsinya.

Baca juga: Negara Asia Tenggara yang Paling Jago Bahasa Inggris, Indonesia di Urutan Ini

Fungsi teks Analytical Exposition adalah untuk menyadarkan pembaca akan adanya sebuah isu penting, sedangkan fungsi teks Hortatory Exposition adalah guna mengajak, meyakinkan pembaca untuk setuju dan mengikuti instruksi.

Fungsi Hortatory Exposition


Seperti yang sudah disebutkan di atas, Hortatory Exposition Text memiliki fungsi untuk meyakinkan orang lain tentang pendapat atau tindakan tertentu menggunakan fakta, data, dan informasi yang relevan, agar mendukung argumen yang disampaikan.

Dengan memberikan ajakan atau rekomendasi yang didukung oleh argumen yang kuat dan persuasif, teks ini dapat mempengaruhi pandangan orang lain akan sebuah hal, tetapi tetap tanpa adanya paksaan.

Baca juga: Perbedaan College dan University, Faktanya Memiliki Makna yang Berbeda!

Teks yang berdasarkan fakta dari sumber data yang valid mengajak pembaca untuk menganalisis argumen yang disajikan, serta ikut memahami evaluasi kekuatan dan kelemahannya.

Struktur Hortatory Exposition


Terdapat 3 bagian dalam teks Hortatory Exposition, diantaranya adalah sebagai berikut:

Introduction atau Thesis


Pada bagian pertama ini biasa diisi dengan perkenalan akan topik atau masalah yang hendak dibahas. Bagian ini bertujuan untuk menarik perhatian pembaca agar tertarik untuk melanjutkan bacaan.

Bagian ini juga diisi dengan ungkapan pendapat atau opini penulis yang berdasarkan fakta, yang dapat menjadi fokus utama teks, dan menjadi dasar untuk penyusunan argumen-argumen selanjutnya.

Arguments


Bagian selanjutnya dalam Hortatory Exposition Text berisi argumen-argumen yang mendukung untuk memperkuat opini atau pendapat dari penulis, dan membuktikan bahwa opini penulis berdasarkan fakta dan sumber yang kuat.

Baca juga: Explanation Text: Pengertian, Tujuan, Struktur, dan Contoh
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1868 seconds (0.1#10.140)