Perhatikan 7 Hal Ini untuk Memperbesar Peluang Lolos SNBP 2024, Jangan Anggap Sepele

Selasa, 12 Desember 2023 - 12:18 WIB
loading...
Perhatikan 7 Hal Ini untuk Memperbesar Peluang Lolos SNBP 2024, Jangan Anggap Sepele
Seleksi masuk PTN diawali dengan jalur SNBP. Salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk memperbesar peluang lolos SNBP adalah dengan memahai aturan dasar SNBP. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 7 hal yang harus diperhatikan untuk memperbesar peluang lolos SNBP 2024. Informasi mengenai seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) 2024 sudah diumumkan. Seleksi masuk PTN diawali dengan jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Seperti pada pelaksanaan SNBP 2023, SNBP 2024 masih menggunakan kombinasi dari rata-rata nilai seluruh mata pelajaran, prestasi akademik, dan penilaian dari masing-masing kampus. Untuk itu, siswa kelas 12 SMA/SMK/Sederajat yang ingin masuk PTN jalur SNBP 2024 harus bersip diri.Artikel kali ini akan membahas 7 tips yang harus diperhatikan untuk memperbesar peluang lolos SNBP 2024, simak ya!

7 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Memperbesar Peluang Lolos SNBP 2024


1. Paham aturan dasar


Jika kamu ingin ikut SNBP 2024, maka harus memahami dahulu aturan dasar yang berlaku. Informasi tersebut dapat diakses melalui laman resmi yang tersedia.

2. Mampu analisis nilai rapor


Tentu, kamu bisa menghitung nilai rapor sendiri dengan mengacu pada kebijakan terbaru yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek, barulah menganalisis hasilnya dengan rumus yang tersedia. Jika sudah, cocokkan hasil analisis dengan jurusan kuliah yang ingin dituju nanti, apakah sudah sesuai atau belum.


3. Sesuaikan nilai rapor dengan jurusan


Apabila kamu sudah menentukan jurusan kuliah, maka harus bisa menyesuaikan nilai rapor kamu. Jika nilai rapormu rendah, coba pilih jurusan lain yang sesuai dengan nilaimu. Kamu jangan terlalu ambisi dalam membuat keputusan sebelum memastikan nilai rapor kamu.

4. Buat portofolio terbaik


Kamu harus membuat portofolio paling baik. Meski demikian, tidak semua jurusan membutuhkan portofolio sebagai faktor penentu kelulusan.

5. Harus perhatikan jadwal SNBP 2024


Agar tidak lupa, maka kamu harus membuat pengingat jadwal SNBP 2024 pada setiap tahapannya di ponsel pintar atau tempat yang mudah dilihat. Jika kamu nanti ada teman yang ikut SNBP 2024, maka bisa saling membantu dan mengingatkan terkait info jadwal serta pendaftarannya.

6. Penuhi semua persyaratan pendaftaran


Jangan lupa memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan saat mendaftar SNBP 2024, baik persyaratan umum maupun persyaratan khusus.

Tentu sebagai siswa SMA kelas 12, kamu harus memenuhi semua syarat yang ditetapkan oleh PTN dan jurusan kuliah tujuanmu. Tapi perlu diingat bahwa persyaratan tiap jurusan di setiap PTN bisa berbeda, jadi pastikan untuk memperoleh informasi yang benar melalui laman PTN terkait.

7. Tetap optimistis


Hal terakhir yang tidak kalah penting ialah harus tetap optimis dan selalu berdoa. Karena semua usaha yang baik tetapi didukung dengan doa tulus, maka nanti hasilnya akan baik pula.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5161 seconds (0.1#10.140)