Mau Lulus Tes Wawancara Beasiswa LPDP 2024? Ini Bocorannya

Kamis, 14 Desember 2023 - 15:20 WIB
loading...
Mau Lulus Tes Wawancara Beasiswa LPDP 2024? Ini Bocorannya
Tes wawancara akan menjadi tahap akhir seleksi beasiswa LPDP yang akan dibuka kembali awal 2024 ini. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Beasiswa LPDP akan dibuka kembali di 2024. Tes wawancara menjadi tahap akhir seleksi beasiswa populer di Tanah Air untuk kuliah di dalam dan luar negeri ini.

Beasiswa LPDP memiliki tiga seleksi untuk menjaring putra putri terbaik dari seluruh Indonesia. Yaitu seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik, dan seleksi substansi atau wawancara.

Seleksi substansi atau tahap wawancara inilah yang menjadi tes terakhir dan juga menentukan sebelum peserta dinyatakan lolos beasiswa LPDP.

Baca juga: 5 Hal Ini Bisa Membuat Tak Lolos Beasiswa LPDP 2024, Cek Apa Saja

Instagram LPDP menjelaskan, pertanyaan yang akan diberikan di tes wawancara ini berasal dari CV, esai, proposal bisnis (untuk program Targeted Kewirausahaan), dan proposal penelitian (S3) yang dikirim peserta.

Dikutip dari Instagram LPDP, berikut ini bocoran mengenai tes substansi atau wawancara beasiswa LPDP sebagai persiapan mendaftar tahun depan.

5 Bocoran Tes Wawancara Beasiswa LPDP

1. Siapa Saja Pewawancaranya?


3 orang akan menjadi pewawancara di tahap seleksi substansi ini yang berasal dari kalangan akademisi, praktisi, dan juga psikolog.

2. Wawancaranya dengan Bahasa Indonesia atau Inggris?


Karena telah memenuhi syarat ketentuan bahasa maka peserta akan diwawancarai dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Hal ini tergantung dari pewawancara ingin menggali seberapa jauh kehandalan berbahasa peserta.

Pertanyaan yang akan diajukan meliputi latar belakang diri, esai, dan juga kepribadian pelamar beasiswa LPDP .

3. Apa yang digali dari Latar Belakang Pemohon Beasiswa?


Pewawancara akan mengonfirmasi dan menggali latar belakang pemohon dari CV yang telah disubmit seperti pengenalan diri, alasan memilih studi lanjut daripada melanjutkan karier, hingga aktivitas terakhir Anda di luar studi/pekerjaan Anda sebelumnya.

Baca juga: Penerima Beasiswa LPDP Enggan Pulang ke Indonesia? Hati-hati Ini Sanksi Tegasnya

4. Pertanyaan Seputar Esai


Pada esai pewawancara akan mengonfirmasi dan menggali substansi esai yang sudah disubmit berupa rencana studi dan pengabdian pemohon beasiswa.

Contoh pertanyaanya seperti kebermanfaatan studi untuk masyarakat Indonesia dan pandangan tentang komitmen atau rencana kontribusi di dalam negeri.

5. Apa yang Akan Digali dari Kepribadian?


Pandangan atau pola pikir yang biasanya ditanyakan soal kepribadian ini. Misalnya analis kelebihan dan kelemahan diri sendiri, pengalaman dan persiapan diri mengatasi situasi sulit, dan apa yang menjadi pembeda dari kandidat lain.

Baca juga: 15 Dokumen yang Harus Disiapkan untuk Daftar LPDP Reguler 2024, Cek Apa Saja

Itu kira-kira yang akan ditanya pada tes wawancara beasiswa LPDP. Maka sebaiknya sebagai persiapan CV, esai, dan proposal yang sudah disubmit dipelajari dan dipahami dengan baik.

Renungkan dan gali lagi kira-kira pengalaman/cerita hidup seperti apa yang linear dengan pengalaman dan rencana studi, rencana karier/pengabdian, atau rencana hidup Anda secara umum.

Kemudian cobalah tentukan pula kata-kata kunci yang bisa meyakinkan interviewer bahwa kamu layak dinilai lebih daripada kandidat lainnya.

Demikian informasi mengenai tes wawancara beasiswa LPDP. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2664 seconds (0.1#10.140)