Dies Natalis ke-53, IKJ Gelar Seminar Nasional Kecerdasan Buatan dan Seni

Jum'at, 15 Desember 2023 - 18:25 WIB
loading...
Dies Natalis ke-53, IKJ Gelar Seminar Nasional Kecerdasan Buatan dan Seni
Institut Kesenian Jakarta (IKJ) menggelar seminar nasional Kecerdasan Buatan dan Seni secara daring. Foto/YouTube IKJ.
A A A
JAKARTA - Kemajuan teknologi seperti kecerdasan buatan memengaruhi aspek kehidupan dan juga seni. Institut Kesenian Jakarta (IKJ) pun menggelar seminar khusus mengenai hubungan kecerdasan buatan dan seni dengan mengundang pembicara ternama.

Ketua Seminar Nasional IKJ 2023 Yola Yulfianti mengatakan, seminar nasional kali ini sangat penting karena perkembangan teknologi khususnya kecerdasan buatan telah membuat perubahan besar dalam segala aspek kehidupan, salah satunya seni.

Baca juga: Perkuat Industri Kreatif, IKJ Kenalkan Dunia Animasi ke Para Pelajar

"Hubungan menarik antara kecerdasan buatan dan seni akan dijelajahi dalam seminar ini. Bagaimana teknologi memperkaya karya seni namun juga mungkin memunculkan pertanyaan menarik antara interaksi manusia dengan mesin," katanya saat membuka seminar, Jumat (15/12/2023).

IKJ mengadakan seminar nasional dengan tema Kecerdasan Buatan dan Seni secara daring, Jumat (15/12/2023). Seminar terbagi dalam tujuh subtema yaitu Kecerdasan Buatan dalam Media Baru, Kecerdasan Buatan dan Seni Pertunjukan, Kecerdasan Buatan dalam Film dan Video, dan Kecerdasan Buatan, Kreativitas, dan Pendidikan.

Baca juga: IKJ Dukung Kreasi Fashion Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

Sementara Wakil Rektor III IKJ Madia Patra Ismar menjelaskan, seminar nasional kali ini sebagai upaya IKJ dalam menjembatani diskursus mengenai kecerdasan buatan yang mempengaruhi perilaku manusia khususnya yang berhubungan dengan seni dan teknologi, indikator sosial dan budaya serta bagaimana kecerdasan buatan mendefinisikan ulang bentuk ekspresi manusia.

Ada 3 pembicara kunci yang akan berbicara pada seminar nasional ini yakni Prof. Dr yasraf Amir Piliang dari ITB, Rektor IKJ Indah Tjahjawulan, dan Patrick Hartono yang akan mempresentasikan AI in Music: A Catalyst for Artistic Creativity and the End of Industrial.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)