Ketentuan Pilih Prodi di SNBP 2024 yang Perlu Diketahui, Cek Biar Tak Salah Jurusan

Sabtu, 16 Desember 2023 - 06:47 WIB
loading...
Ketentuan Pilih Prodi di SNBP 2024 yang Perlu Diketahui, Cek Biar Tak Salah Jurusan
Pada SNBP 2024, siswa hanya bisa memilih dua program studi saja. Prodi ini bisa dipilih antara jenjang D3, D4, atau S1 baik dari PTN akademik, PTN vokasi dan PTN di bawah naungan Kemenag.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini informasi penting mengenai ketentuan memilih Prodi atau jurusan di SNBP 2024 yang perlu diketahui calon pendaftar. Menurut panitia SNPMB 2024, pendaftaran SNBP akan dibuka pada 14 Februari 2024.

Namun, untuk bisa mengikuti SNBP dan memilih prodi pilihan tidak bisa dilakukan oleh semua siswa. Perlu diketahui, SNBP yang merupakan jalur non-tes masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini hanya bisa didaftar oleh siswa eligible.

Siswa eligible adalah siswa yang lolos pemeringkatan nilai rata-rata mata pelajaran semester 1 sampai dengan semester 5, maupun kriteria lain berupa prestasi akademik, non-akademik, atau lainnya. Lalu bagaimana aturan memilih Prodi atau jurusan di SNBP 2024? Untuk menjawabnya, artikel kali ini akan mengulasnya secara tuntas, simak ya!

Ketentuan Memilih Prodi SNBP 2024


Siswa yang dinyatakan eligible bisa mendaftar SNBP dan memilih jurusan atau prodi pilihannya pada jenjang D3, D4, S1. Namun siswa terlebih dahulu wajib registrasi akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

Pada SNBP 2024, siswa hanya bisa memilih dua program studi saja. Prodi ini bisa dipilih antara jenjang D3, D4, atau S1 baik dari PTN akademik, PTN vokasi dan PTN di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag).

Kedua prodi yang dipilih tidak harus dari jenjang yang sama. Siswa bisa menggabungkan dua pilihan jenjang S1 dan vokasi. Misalnya, memilih S1 dengan D3 atau D4. Dilansir dari laman SNPMB, ada lima tahap untuk memilih prodi.

Berikut caranya:

1. Setiap siswa yang eligible diizinkan memilih Prodi di PTN Akademik, PTN Vokasi, dan/atau PTKIN.

2. Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu atau dua PTN.

3. Jika memilih dua program studi, maka salah satu prodi harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/SMK/MA asalnya.

4. Apabila memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun. Daftar program studi dan daya tampung SNBP dapat dilihat pada sub menu PTN SNBP. Namun saat ini atau pada Sabtu (9/12/2023), laman daftar PTN ini belum bisa diakses.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3970 seconds (0.1#10.140)