5 Tips Sukses Tryout, Biar Ujian Lebih All Out!

Senin, 18 Desember 2023 - 13:00 WIB
loading...
5 Tips Sukses Tryout, Biar Ujian Lebih All Out!
Lulus UTBK dan diterima di PTN adalah impian semua siswa SMA. Foto/MNC Media.
A A A
JAKARTA - Lulus Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah impian semua siswa SMA. Namun, sebelum mengikuti ujian, ketahui dulu tips sukses tryout agar saat ujian tidak mengalami kendala berarti.

Tryout adalah latihan mengerjakan berbagai jenis soal menjelang ujian akhir atau tes masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Umumnya, tryout dilakukan oleh siswa-siswi yang duduk di jenjang akhir pendidikan, yaitu kelas 6, 9, dan 12.

Selain belajar, ada beberapa tips di bawah ini yang bisa kamu lakukan supaya tryout bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga: Tips Sukses Tryout agar Lulus UTBK dan Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Tips Sukses Tryout

1. Siapkan Mental


Siapkan mentalmu sebelum menghadapi tryout. Meski hanya latihan ujian, menghadapi tryout tentu tidak boleh main-main. Layaknya mempersiapkan ujian sungguhan, mempersiapkan tryout juga harus sama seriusnya. Belajarlah dengan rutin agar bisa menguasai bahan materi yang akan diujikan.

2. Belajar


Setelah mental siap, maka suasana belajar pun akan lebih menyenangkan. Sehingga, materi pelajaran pun lebih mudah untuk dimengerti. Fokus untuk memahami materi yang kurang kamu mengerti saat belajar.

3. Kerjakan Soal dengan Tenang


Saat mengerjakan soal tryout , usahakan untuk tetap tenang dan tidak tegang. Sebab hal ini akan berpengaruh pada hasil tryout.

Baca juga: Ikuti 5 Tips dan Trik Ini jika Kamu Ingin Lolos SNBT 2023

Seseorang yang mengerjakan soal dengan tegang cenderung tidak fokus dan justru menjadikannya tidak maksimal dalam mengerjakan soal.

4. Dahulukan Soal yang Termudah


Layaknya ujian, tryout juga memiliki batas waktu tertentu. Oleh karena itu, kamu harus memiliki strategi dalam mengerjakan soal. Kerjakan soal mudah terlebih dulu agar kamu memiliki waktu yang lebih banyak untuk mengerjakan soal yang lebih sulit.

5. Periksa Kembali Soal yang Sudah Dikerjakan


Saat kamu sudah berhasil menjawab semua pertanyaan dan masih ada waktu luang yang tersisa, jangan ragu untuk memeriksa kembali soal yang sudah dikerjakan. Jangan sampai ada satu soal pun yang belum dikerjakan. Selain itu, jika kamu menemukan jawaban lain yang dianggap lebih benar, jangan ragu untuk mengganti jawaban tersebut.

Itulah persiapan dan tips sukses tryout sebelum mengikuti UTBK. Dapatkan diskon hingga 50% untuk pembelian paket tryout di AladinMall . Nikmati fasilitas Gratis Ongkir dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store .
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0619 seconds (0.1#10.140)