Ikuti 5 Tips dan Trik Ini jika Kamu Ingin Lolos SNBT 2023

Senin, 16 Januari 2023 - 12:53 WIB
loading...
Ikuti 5 Tips dan Trik Ini jika Kamu Ingin Lolos SNBT 2023
Jalur masuk PTN melalui SNBT dikenal dengan persaingannya yang ketat. Oleh karena itu diperlukan strategi untuk lolos SNBT. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Seleksi Nasional Berdasarkan Tes ( SNBT ) merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru di PTN yang sangat ketat. Oleh karena itu untuk memenangkan persaingan kalian butuh tips dan trik untuk sukses masuk PTN lewat SNBT.

SNBT menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat keikutsertaan mengikuti jalur penerimaan di PTN Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

UTBK-SNBT 2023 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2021, 2022, dan 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023).

Perlu diketahui jika SNBT tidak lagi menguji Tes Kompetensi Akademik di UTBK. Calon mahasiswa hanya akan menghadapi tes Potensi Skolastik (TPS) pada saat ujian yang akan terbagi dua gelombang mulai Mei 2023 nanti.

SNBT yang merupakan perubahan nama dari SBMPTN tergolong jalur penerimaan yang ketat. Pada SBMPTN 2022, dari 800.852 pendaftar hanya 192.810 peserta yang lolos SBMPTN 2022 atau hanya 24.07% saja persentase calon mahasiswa baru di PTN melalui SBMPTN.

Baca juga: MNC University Gelar Workshop Pembekalan Kerja bagi Mahasiswa

Lalu bagaimana cara memenangi persaingan yang ketat itu? Dikutip dari laman Aku Pintar, berikut 5 tips dan trik jika kamu ingin lolos SNBT 2023.

1. Rajin ikut try out

Try Out adalah proses kita belajar melalui soal-soal latihan yang disusun menyerupai soal-soal dalam ujian yang sesungguhnya, dalam hal ini UTBK. Sekali lagi, TPS yang akan datang bakal berbeda dari TPS di tahun-tahun sebelumnya. Kalian tidak bisa lagi belajar menggunakan buku latihan soal yang "diwariskan" oleh kakak atau teman dari UTBK tahun lalu.

2. Cermati perolehan nilai dari try out

Manfaat lain mengikuti Try Out UTBK yang tak kalah penting adalah mengetahui nilai ujian. Mungkin kamu bertanya-tanya nih, apakah Try Out masuk nilai rapor di sekolah? Apakah nilai try out mempengaruhi kelulusan? Jawabannya tidak. Kalau begitu, apakah nilai Try Out itu penting?

Nilai Try Out UTBK murni menunjukkan prediksi skor yang dapat kamu peroleh bila nanti mengikuti UTBK. Tentu saja, prediksi ini bisa berbeda dari nilai UTBK yang sesungguhnya karena soal-soal UTBK juga takkan sama persis, plek ketiplek, dengan soal-soal Try Out.

Namun lantaran karakteristik dan tingkat kesulitan soal keduanya cenderung mirip, biasanya kita dapat memprediksi berapa nilai UTBK nanti berdasarkan nilai-nilai Try Out UTBK yang sudah diikuti sebelumnya.

Jika bisa memperoleh nilai UTBK yang berhasil lolos di jurusan incaranmu dari SBMPTN sebelumnya, kamu bakalan dapat membandingkannya dengan nilai-nilai Try Out-mu.

Dengan begitu, kamu punya patokan atau target nilai UTBK serta mendapatkan gambaran sejauh atau sedekat mana nilai-nilai Try Out-mu selama ini dengan target tersebut.

Baca juga: Ini 6 Jalur Masuk IPB University 2023 dan Jadwal Pendaftarannya

3. Pahami konsep materi ujian

Memang, salah satu cara supaya bisa lolos UTBK adalah dengan mengikuti Try Out. Namun bukan ini satu-satunya cara agar kita lolos SNBT dengan mudah. Apalagi, UTBK 2023 bakal mengujikan TPS saja, yang mengukur kemampuan kognitif kita.

Artinya, kemampuan kita untuk menalar secara umum dan memahami konteks amat diperlukan – dan keduanya tak bisa kita kuasai hanya dengan berlatih soal dan mengikuti Try Out UTBK.

4. Riset

UTBK mengalami perubahan materi ujian yakni dihapuskannya TKA. Selain itu nama seleksinya pun berubah dari SBMPTN ke SNBT. Jalur masuk kuliah melalui tes saat ini fokusnya pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah yaitu TPS.

Namun masih banyak yang belum kita ketahui dan mungkin akan diumumkan di kemudian hari. Maka dari itu lakukan riset sebanyak mungkin dan gali informasi dari sumber-sumber resmi sebagai langkah sukses SNBT.

5. Petakan peluang masuk jurusan dan PTN impian

Perhatikan berapa daya tampung yang tersedia, jumlah peminat, dan jumlah yang diterima di jurusan dan PTN impianmu. Pertimbangkan, apakah kira-kira peluangmu lolos SNBT 2023 akan lebih besar di PTN yang lain? Bandingkan pula peluangmu untuk lolos pada jurusan dan PTN yang kamu jadikan sebagai pilihan kedua.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3441 seconds (0.1#10.140)