Bagaimana Cara Daftar KIP Kuliah 2024 bagi Calon Mahasiswa Gap Year? Simak Ketentuannya

Jum'at, 22 Desember 2023 - 08:00 WIB
loading...
Bagaimana Cara Daftar KIP Kuliah 2024 bagi Calon Mahasiswa Gap Year? Simak Ketentuannya
Calon mahasiswa gap year dan ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, masih bisa mendaftar Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah 2024. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Begini syarat dan cara mendaftar KIP Kuliah bagi calon mahasiswa “gap year” yang perlu diketahui. Kamu termasuk calon mahasiswa “gap year”? Calon mahasiswa "gap year" dan ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, masih bisa mendaftar Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah 2024.

Seperti diketahui, gap year adalah istilah untuk seseorang yang tidak langsung melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Saat ini, istilah gap year menjadi populer dan banyak diperbincangkan oleh siswa kelas 3 SMA/SMK.

Sementara Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah 2024 adalah bantuan dana pendidikan bagi siswa untuk melanjutkan kuliah jenjang D3 sampai S1. Selain kuiah gratis, KIP Kuliah juga memberikan uang saku kepada mahasiswa hingga mereka lulus, bila calon mahasiswa memenuhi syarat. Artikel kali ini akan membahas syarat dan cara mendaftar KIP Kuliah bagi calon mahasiswa gap year, simak ya!

Syarat Daftar KIP Kuliah 2024 Siswa Gap Year


KIP Kuliah bagi gap year, bisa didaftar sesuai dengan jalur masuk yang dipilih siswa. Misalnya jika ingin mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri atau PTN, siswa gap year hanya bisa mendaftar Seleksi Berdasarkan Tes (SNBT) dan jalur mandiri PTN.

Siswa gap year juga bisa mendaftar PTS juga. Berdasarkan persyaratan tahun lalu, siswa gap year yang ingin mendaftar KIP Kuliah tetap mengikuti prosedur yang sama dengan siswa lainnya.

Penerima KIP kuliah harus berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH), keluarga yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), mahasiswa dari panti sosial atau panti asuhan, atau mahasiswa dari keluarga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Jika calon mahasiswa belum memenuhi salah satu dari lima kriteria di atas, masih bisa mendaftar bantuan ini. Caranya dengan menunjukkan pendapatan kotor gabungan orang tua atau wali tidak boleh melebihi Rp4 juta per bulan, atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi dengan jumlah anggota keluarga tidak boleh melebihi Rp750.000.

Berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon penerima KIP Kuliah 2024 bagi gap year:


1. Pendaftar KIP Kuliah merupakan siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid. Jadi bila KIP Kuliah dibuka tahun depan, maka siswa gap year yang bisa mendaftar adalah siswa lulusan tahun 2023 dan 2022.

2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.

3. Siswa mempunyai Kartu KIP atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos. Baca juga: Beasiswa S1, S2, S3 ke China 2024, Kuliah Gratis dan Ada Uang Saku

4. Telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di PTN atau PTS pada prodi dengan Akreditasi A atau B. Dimungkinkan pula untuk prodi dengan Akreditasi C dengan pertimbangan tertentu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)