Unggul di PKKM, Ukrida Raih Gold Winner Anugerah Kelembagaan Diktiristek 2023

Jum'at, 22 Desember 2023 - 14:57 WIB
loading...
Unggul di PKKM, Ukrida Raih Gold Winner Anugerah Kelembagaan Diktiristek 2023
Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) meraih Gold Winner dalam Anugerah Kelembagaan Diktiristek 2023. Foto/Ukrida.
A A A
JAKARTA - Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) meraih Gold Winner dalam Anugerah Kelembagaan Diktiristek 2023. Penghargaan ini diraih Ukrida dalam kategori Perguruan Tinggi Pelaksana Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2023 Liga 3 Regional I.

Menurut Kepala Unit Pengembangan Kreativitas Akademik (PKA) Ukrida sebagai Koordinator pengelolaan Hibah, Mata Kuliah Wajib, dan MBKM Prasasti Peranginangin, target capaian Liga 3 PKKM oleh Ukrida pada tahun 2024, yaitu semua program studi berlanjut untuk tahun ke-2 dan ISS berlanjut untuk tahun ke-2. Prasasti juga menargetkan penyerapan akselerasi MBKM meningkat 100 %.

Testimoni beberapa orang mahasiswa yang ikut serta dalam PKKM mengatakan bahwa tidak semua mahasiswa memiliki kesempatan mengikuti PKKM, baik untuk program magang/praktik kerja, mengajar di sekolah, pertukaran mahasiswa di dalam dan luar negeri, penelitian, kegiatan kewirausahaan, studi/proyek independen, dan proyek kemanusiaan.

Karena itu, bagi mahasiswa yang berhasil mengikuti seleksi hingga masuk ke dalam PKKM memiliki kebanggaan tersendiri, dengan memanfaatkan kesempatan itu sebaik mungkin dan mencari pengalaman sebanyak mungkin dari mengikuti PKKM.

Baca juga: Ukrida Luluskan Sarjana Terapan Optometri Pertama di Indonesia

“Mereka tidak sekadar mengikuti program, tetapi juga memperdalam apa yang telah diperoleh agar membawa dampak, baik saat ini maupun masa depan, karena pengalaman tersebut tidak diperoleh saat di kampus. Mereka menyampaikan sebuah quotes demikian, “Tidak harus menjadi hebat untuk memulai, tetapi harus memulai untuk menjadi hebat,” katanya, melalui siaran pers, Jumat (22/12/2023).

Pelaksanaan PKKM, termasuk oleh Ukrida, ditujukan untuk meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan tinggi dengan memfasilitasi aspirasi, inovasi, dan semangat sivitas akademika dalam merespon dan mengantisipasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta dinamika kehidupan masyarakat yang terjadi.

Ukrida memperoleh hibah PKKM untuk Program Studi Akuntansi (tahun 2022) serta Program Studi Informatika, Manajemen, Institutional Support System (ISS) MBKM (tahun 2023), perolehan hibah tersebut berdampak besar untuk implementasi MBKM dan pencapaian kinerja utama perguruan tinggi, karena dasar penilaian atau kriteria penerima penghargaan meliputi Indikator capaian, Indikator Kinerja Utama (IKU), dan kinerja pengelola.

Baca juga: Ukrida Tambah Jumlah Guru Besar, Terbaru Bidang Ilmu Manajemen

Berdasarkan pada jumlah mahasiswa dan akreditasi perguruan tinggi, pengelompokan perguruan tinggi yang ditawarkan pada PKKM tahun 2023 dibagi menjadi 3 Liga. Perguruan Tinggi Liga-3 diharapkan dapat mendorong pengembangan inovasi Perguruan Tinggi di bidang pembelajaran dengan menerapkan kebijakan Kampus Merdeka agar secara langsung meningkatkan mutu dan efektivitas pembelajaran.

Dalam Liga 3, peningkatan mutu pembelajaran diharapkan mencakup pemutakhiran kurikulum yang memenuhi standar nasional pendidikan tinggi, dimana Ukrida menyusun kurikulum bersama mitra eksternal perguruan tinggi dari dunia usaha dan dunia industri.

Program PKKM memberikan nilai untuk mahasiswa yang dapat membawa universitas untuk selalu relevan pada masanya masing-masing. Program Studi Akuntansi Ukrida sudah menjalani dua kali program PKKM, oleh sebab itu untuk program studi lainnya diharapkan dapat menjalani program PKKM juga secara berkelanjutan.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)