Selamat, Bambang Pramujati Terpilih sebagai Rektor Baru ITS

Jum'at, 22 Desember 2023 - 17:54 WIB
loading...
Selamat, Bambang Pramujati Terpilih sebagai Rektor Baru ITS
Bambang Pramujati terpilih sebagai Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) periode 2024-2029. Foto/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Bambang Pramujati terpilih sebagai Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) periode 2024-2029. Ia terpilih sebagai rektor berdasarkan hasil rapat pleno Majelis Wali Amanat (MWA) ITS di Jakarta, Rabu (20/11/2023) lalu.

Ketua MWA ITS Prof Dr Ir Mohammad Nuh mengatakan, keputusan ini diambil berdasarkan pemungutan suara MWA ITS terhadap tiga calon rektor (carek) yang telah tersaring sebelumnya di tingkat Senat Akademik ITS.

Nuh menambahkan, pada total 23 hak suara turut mencakup suara Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) RI.

Baca juga: Pemilihan Rektor ITS, Ini Daftar 5 Bacarek Terpilih

Bambang Pramujati yang berasal dari Departemen Teknik Mesin memperoleh 15 suara, Agus Muhammad Hatta ST MSi PhD dari Departemen Teknik Fisika sebanyak 6 suara, dan Dr Machsus ST MT dari Departemen Teknik Infrastruktur Sipil mendapat 1 suara.

Meski keputusan akhir diambil melalui pemungutan suara, mantan Mendikbud RI tahun 2009 - 2014 ini mengatakan bahwa hasil yang didapatkan tetap selaras dengan mufakat atas harapan untuk memajukan ITS.

Menurut Nuh, setiap tahapan proses dalam ajang demokrasi ITS ini telah berjalan sesuai dengan asas pilrek. “Mulai dari kebersamaan, transparansi dan akuntabel, meritokrasi, hingga musyawarah untuk mufakat,” katanya, melalui siaran pers, Jumat (22/12/2023).

Baca juga: Debat Bacarek ITS, 10 Calon Paparkan Rencana Strategis

Selain itu Nuh menambahkan, dalam setiap proses yang berjalan seluruh calon rektor telah menunjukan kegigihan untuk melanjutkan dan terus meningkatkan kualitas ITS.

Menurutnya, berbagai inovasi yang diusung memiliki andil untuk mencapai kemandirian finansial ITS. “Tentunya, seluruhnya akhirnya bermuara pada visi bersama untuk mewujudkan ITS sebagai tonggak menuju Indonesia Emas 2045,” tegasnya.

Menarik ke belakang, Nuh merincikan serangkaian tahap pilrek yang telah dimulai sejak Agustus 2023 lalu. Adapun rangkaian tersebut dimulai dari sosialisasi, kemudian tahap penjaringan aspirasi 20 pendaftar bakal calon rektor (bacarek), penyaringan lima bacarek, penyaringan tiga carek, hingga pemungutan akhir rektor terpilih.

Baca juga: Profil Mantan Rektor ITS Prof Mohammad Nuh, Pernah Menjadi Menkominfo dan Mendikbud

Dalam seluruh tahapan ini, Nuh turut mengapresiasi partisipasi dan antusiasme sivitas akademika ITS yang turut menjadi faktor kunci keberhasilan pilrek ITS periode ini.

Disampaikan Nuh, Rektor ITS yang terpilih nantinya akan mulai melaksanakan tugasnya mulai April 2024 mendatang. Terakhir, Nuh berharap regenerasi ITS ini akan terus berjalan dengan baik.

Guru Besar Teknik Biomedik ITS ini meyakini bahwa realisasi regenerasi tersebut akan menjadi jalan untuk menuju ITS yang lebih baik lagi. “Tentunya untuk kemajuan ITS dan kemajuan bangsa Indonesia,” tandasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5042 seconds (0.1#10.140)