Targetkan 3.300 Mahasiswa, IISMA 2024 akan Dibuka Januari

Jum'at, 22 Desember 2023 - 18:06 WIB
loading...
Targetkan 3.300 Mahasiswa, IISMA 2024 akan Dibuka Januari
Kemendikbudristek menyediakan kuota hingga 3.300 mahasiswa untuk mengikuti IISMA 2024. Foto/Diktiristek.
A A A
JAKARTA - Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) akan kembali dibuka tahun depan. Program ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk kuliah satu semester di berbagai penjuru dunia.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek Sri Suning Kusumawardani mengatakan, melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) flagship dan mandiri mahasiswa bisa memperoleh pengalaman belajar yang bermakna dan kesan mendalam di kampus luar negeri.

Baca juga: Kisah Perjuangan Anak Penjual Pentol Lolos IISMA ke Jerman

"Di saat yang sama bisa mengasah berbagai keterampilan penting yang bermanfaat bagi pembentukan kepribadian dan persiapan untuk mengarungi dunia kerja selepas menamatkan pendidikan tinggi," katanya pada sosialisasi IISMA 2024, melalui siaran pers, Jumat (22/12/2023).

Pada tahun pertama penyelenggaraannya, program IISMA menarik minat 2.546 peserta sebagai pendaftar, yang kemudian meningkat hampir tiga kali lipat menjadi 7.501 pendaftar di tahun 2022. Program ini mencapai angka pendaftar tertinggi pada pelaksanaan tahun 2023, dengan sebanyak 9.116 mahasiswa jenjang sarjana dan diploma yang resmi terdaftar sebagai calon peserta.

Baca juga: Raih IISMA ke Amerika, Mahasiswi Unair Ini Terpilih Jadi Asisten Riset di UC Davis

Meskipun berhasil meraih berbagai catatan positif serta mendapatkan dukungan yang masif dari pimpinan perguruan tinggi, tim pelaksana Program IISMA berkomitmen untuk terus melakukan evaluasi dan perbaikan agar program ini bisa berjalan lebih baik di tahun 2024.

“Pada tahun depan, Program IISMA ini akan terus berkembang dengan mengoreksi beberapa hal yang perlu dikoreksi selama tiga tahun ini dan mudah-mudahan menjadi hal yang baik serta memberikan kesempatan kepada sebanyak-banyaknya mahasiswa,” ujar Kepala Program IISMA, Rachmat Sriwijaya.

Baca juga: IISMA Buka Jalan Mahasiswa PNJ Meraih Beasiswa S2 di Coventry University

Evaluasi ini kemudian diimplementasikan dengan dibukanya tiga jalur seleksi penerimaan mahasiswa Program IISMA 2024 yang terdiri dari jalur reguler, afirmasi, dan co-funding.

Dengan skema baru ini, IISMA 2024 menargetkan sebanyak 3.000 hingga 3.300 mahasiswa yang bisa diberangkatkan ke luar negeri.

Pendaftaran peserta mahasiswa untuk Program IISMA 2024 sendiri rencananya akan dibuka pada Januari 2024 mendatang. Bagi mahasiswa yang ingin mendaftar IISMA bisa mengakses laman https://iisma.kemdikbud.go.id/ .

Program yang diluncurkan sejak tahun 2021 ini, telah memberikan kesempatan kepada lebih dari empat ribu mahasiswa Indonesia untuk belajar ke berbagai perguruan tinggi terbaik selama satu semester di berbagai penjuru dunia.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2397 seconds (0.1#10.140)