Mau Daftar D3 di SNBP SNBT 2024? Intip 7 Jurusan yang Lulus Mudah Dapat Kerja

Sabtu, 23 Desember 2023 - 10:43 WIB
loading...
Mau Daftar D3 di SNBP SNBT 2024? Intip 7 Jurusan yang Lulus Mudah Dapat Kerja
Jurusan D3 yang mudah dapat kerja sebagai referensi mendaftar SNBP SNBT 2024. Foto/Eduspiral.
A A A
JAKARTA - Pada SNBP dan SNBT 2024 jurusan kuliah D3 bisa dipilih oleh calon mahasiswa baru yang mau kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN). Jurusan D3 di politeknik yang cepat dapat kerja ternyata sangat banyak.

Pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) calon mahasiswa baru bisa memilih jurusan Diploma Tiga (D3) di perguruan tinggi vokasi.

Ada 585 jurusan D3 yang bisa dipilih. Program Diploma dirancang untuk lulusan pendidikan menengah atau sederajat untuk mengembangkan keterampilan dan penalaran dalam penerapan ilmu pengetahuan teknologi.

Dengan keunggulan pendidikan vokasi yang fokus pada penguasaan skill, lulusan teknik pun semakin relevan dengan kebutuhan dunia kerja.

Baca juga: 10 Jurusan D3 di Kampus Jakarta Terakreditasi Unggul BAN PT, PNJ hingga UI

Bagi lulusan SMA dan sederajat memilih perguruan tinggi dan juga jurusannya yang sesuai minat dan bakat bukan hal yang mudah.

Kekhawatiran apakah setelah lulus akan mudah diterima di dunia kerja juga menjadi alasan lain banyak di antara mereka bingung menentukan jurusan apa yang cocok.

Berikut ini 7 jurusan D3 yang memiliki prospek kerja tinggi yang dikutip dari Instagram Dikti Vokasi.

1. Teknik Informatika


Teknik Informatika bisa dibilang kombinasi antara Software Engineering dan Computer Science. Makanya, ada beberapa kampus yang memberikan nama jurusan ini dengan Ilmu Komputer. Jurusan ini akan lebih banyak mempelajari praktek dibanding teori misalnya mempelajari proses sebuah software bekerja hingga membuatnya.

Mata kuliah yang dipelajarin mulai dari perhitungan, berbagai bahasa pemrograman sampai yang sifatnya mengarah ke pengembangan apllikasi, alogritma komputer, hingga kecerdasan buatan.
Karena itu, mahasiswa di sini bakalan ditempa logikanya.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Diprediksi Mudah Dapat Kerja

Bagaimana cara berpikir secara runut dan rapi, supaya si program bisa berjalan maksimal dan efektif. Bagi beberapa kampus, jurusan ini masuk ke Fakultas Teknik, tapi ada juga yang di Fakultas Ilmu Komputer.

2. Teknik Elektro


Jurusan yang pastinya bikin lulusannya langsung kerja setelah lulus adalah Teknik Elektro. Meski tidak diterima di universitas, jangan malu kalau kalian kuliah di Teknik Elektro. Sebab kalian akan belajar dan praktik lebih banyak, dan pastinya ada kerja sama dengan perusahaan-perusahaan ternama yang akan menjamin langsung kerja.

3. Teknik Grafika dan Penerbitan

Baca juga: 32 PTN Jurusan Teknik Informatika dengan Akreditasi Terbaik di Indonesia

Jurusan ini berpeluang besar diserap industri khususnya di industri percetakan atau desainer grafis. Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan hadir di Politeknik Negeri Jakarta sejak tahun 1990.

4. Teknik Sipil


Peluang kerja lulusan Teknik Sipil itu sangat luas. Terutama di Indonesia sebagai negara berkembang yang sedang meningkatkan proyek infrastrukturnya.

Mahasiswa politeknik jurusan Teknik Sipil akan mempelajari perencanaan/perancangan, manufaktur, manajemen/pengelolaan, dan konservasi dari beragam fasilitas dan sistem untuk mendukung sebuah kota, pedesaan, dan perkotaan.

5. Teknik Mesin


Lulusan Teknik Mesin memiliki peranan penting dalam menciptakan alat yang sesuai dengan kebutuhan bioteknologi. Peluang kerjanya ada di bidang industri otomotif, kedirgantaraan, dan juga industri manufaktur.

Baca juga: Jurusan CPNS 2024 untuk Talenta Digital, Peluang Lolos Tinggi

Mahasiswa tidak hanya akan belajar mengenai mesin motor, mobil, dan kegiatan perbengkelan lainnya. Namun juga akan belajar mengenai konversi energi, konstruksi dan perancangan, teknik produksi, dan juga material.

6. Akuntansi


Jika kalian bermimpi menjadi auditor maka jurusan D3 Akuntansi adalah pilihannya. Kalian akan diajak praktik langsung dengan menghitung kasus-kasus asli di dunia kerja. Peluang kerja lulusan Akuntansi dibutuhkan di setiap sektor perusahaan sehingga bisa dibilang jika prospek kerja jurusan ini sangat bagus.

7. Administrasi Niaga


Prospek kerja di bidang niaga atau bisnis sangat luas dan beragam, tak terkecuali untuk mahasiswa lulusan jurusan Administrasi Niaga. Lulusannya akan memiliki keahlian seperti mampu merumuskan, menganalisa, hingga merancang solusi terkait permasalahan di dunia bisnis
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2352 seconds (0.1#10.140)