8 Akademisi Panelis Debat Cawapres 2024, dari Dosen UPN Jakarta hingga Rektor Universitas Bengkulu

Sabtu, 23 Desember 2023 - 12:10 WIB
loading...
8 Akademisi Panelis Debat Cawapres 2024, dari Dosen UPN Jakarta hingga Rektor Universitas Bengkulu
Ada 8 panelis Debat Cawapres 2024 yang merupakan civitas akademika dari berbagai perguruan tinggi. Foto/YouTube KPU.
A A A
JAKARTA - Terdapat delapan Panelis Debat Cawapres 2024 yang merupakan civitas akademika dari 11 nama panelis yang ada. Mereka datang dari berbagai latar belakang, mulai dari tenaga pengajar atau dosen hingga rektor.

Delapan nama Panelis Debat Cawapres 2024 yang telah dipilih Komisi Pemilihan Umum (KPU) dianggap berkompeten dalam tema yang diangkat, yakni tentang Ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital.

Baca juga: Ini Daftar Nama 11 Panelis Debat Cawapres

Tak heran jika sejumlah nama civitas akademika ikut yang punya latar belakang yang berkaitan dengan isu ekonomi terpilih. Beberapa nama civitas akademika ini datang dari sejumlah kampus ternama seperti UGM, Undip, hingga UPN Jakarta.

8 Akademisi yang Menjadi Panelis Debat Cawapres 2024

1. Tauhid Ahmad


Tauhid Ahmad saat ini merupakan pengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Dia juga merupakan Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), lembaga riset independen dan otonom.

2. Agustinus Prasetyantoko

Baca juga: Profil Pendidikan Agustinus Prasetyantoko, Mantan Rektor Atma Jaya yang Jadi Panelis Debat Cawapres

Alumni FEB UGM, Universitas Lille, dan Ecole Normale Superieure de Lyon, ini pernah menjabat sebagai Rektor Unika Atma Jaya periode 2015-2023. Latar belakangnya adalah ekonom dan kebijakan pemerintah.

3. Adhitya Wardhono

Baca juga: Intip Profil Pendidikan Adhitya Wardhono, Salah Satu Panelis Debat Perdana Cawapres Pilpres 2024

Menurut laman PDDikti, Adhitya Wardhono adalah dosen tetap di FEB Universitas Jember, yang berfokus pada prodi Ekonomi Pembangunan. Latar belakangnya adalah peneliti ekonomi kerakyatan dan digital.

4. Fauzan Al Rasyid


Fauzan Al Rasyid merupakan Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Latar belakangnya sebagai peneliti ekonomi syariah dan hukum.

5. Hyronimus Rowa


Hyronimus Rowa merupakan Wakil Rektor bidang Akademik dan Inovasi IPDN, dirinya juga merupakan dosen tetap yang berfokus di prodi Ilmu Pemerintahan. Latar belakangnya adalah peneliti kebijakan pemerintah dan pengembangan nasional.

6. Poppy Ismalina


Alumni FEB UGM, Australian National University, dan University of Groningen Netherlands ini menjabat sebagai Associate Professor di Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.

Baca juga: Profil Pendidikan Poppy Ismalina, Akademisi UGM Panelis Debat Perdana Cawapres Pilpres 2024

7. Suharnomo


Selanjutnya ada Rektor Universitas Diponegoro yang baru saja terpilih sebagai pada Juni 2023. Suharnomo akan menjabat sebagai Rektor untuk periode 2024-2029. Sebelumnya dia merupakan Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip, menurut laman resmi FEB Undip.

Baca juga: Profil Suharnomo, Rektor Undip yang Ditunjuk Jadi Panelis Debat Cawapres

8. Retno Agustina Ekaputri


Terakhir, ada Rektor Universitas Bengkulu periode 2021-2025. Alumni University of Tennessee USA ini punya latar belakang sebagai rekan ekonomi dan kebijakan pemerintah.

Itulah delapan akademisi yang menjadi Panelis Debat Cawapres 2024. Sebagai civitas akademika, tentu mereka dipandang mumpuni dalam menjalankan tugas tersebut pada 22 Desember 2023 kemarin.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3382 seconds (0.1#10.140)