8 Universitas Terbaik di Belanda Tujuan Beasiswa IISMA

Sabtu, 23 Desember 2023 - 16:06 WIB
loading...
8 Universitas Terbaik di Belanda Tujuan Beasiswa IISMA
Belanda memiliki delapan universitas tujuan beasiswa IISMA hingga 2023. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Belanda memiliki delapan universitas tujuan beasiswa IISMA hingga 2023. Lima di antara perguruan tinggi ini merupakan research university dan tiga lainnya university of applied sciences.

Delapan perguruan tinggi di Belanda tujuan Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) itu terdiri dari:

8 Universitas Terbaik Belanda untuk Beasiswa IISMA

1. Radboud University
2. Leiden University
3. Vrije University Amsterdam
4. University of Twente
5. Maastricht University
6. The Hague University of Applied Sciences
7. Aeres University of Applied Sciences
8. Saxion University of Applied Sciences

Baca juga: Beasiswa IISMA Siapkan Mahasiswa Menjadi Duta Bangsa di Luar Negeri

Pada gathering dengan Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda di KBRI Den Haag Mayerfas menyampaikan, para mahasiswa Program IISMA yang berhasil lolos seleksi dan mengikuti studi ke berbagai perguruan tinggi ternama di Belanda diharapkan dapat memanfaatkan secara maksimal berbagai kesempatan langka selama berada di Negeri Bunga Tulip.

Ia melanjutkan, sebagai mahasiswa terpilih, para mahasiswa juga diharapkan dapat mengambil manfaat dari materi dan pendekatan pembelajaran yang diperoleh, mengadaptasi kultur serta etos kerja orang Belanda yang efisien dan produktif, serta kehidupan sosial masyarakat Belanda yang sudah maju.

Diwawancarai terpisah, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Den Haag, Agus Setiabudi mengatakan bahwa berdasarkan aktivitas monitoring yang dilakukan, host university di Belanda memberikan apresiasi dan menyampaikan rasa kagum atas tingginya kemampuan para mahasiswa Program IISMA dalam beradaptasi dengan kehidupan kampus serta dalam menyerap pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan.

“Mereka dapat menyatu dan berinteraksi secara aktif dengan masyarakat kampus dan mahasiswa internasional lainnya, sehingga pembelajaran yang mereka peroleh tidak hanya diperoleh secara formal tetapi juga melalui interaksi sosial,” katanya, melalui siaran pers, Sabtu (23/12/2023).

Selama menjalani studi di Belanda, mahasiswa yang belajar di research university melaksanakan kegiatan akademik dalam rangka membuka dan menambah wawasan, pengetahuan, dan keterampilan yang tidak mereka peroleh di program studi dan universitas asal.

Proses pembelajaran di Belanda yang berbasis masalah dan projek (Problem/Project-based Learning/PBL) merupakan pengalaman baru yang dapat meningkatkan wawasan dan keterampilan berpikir kritis para mahasiswa secara lebih baik.

Baca juga: Beasiswa IISMA 2023 Telah Diumumkan, Ini Keuntungan yang akan Didapat Peserta

Sementara itu, para mahasiswa yang melaksanakan Program IISMA di University of applied sciences adalah merupakan mahasiswa yang berasal dari program vokasi. Selain mengikuti kegiatan perkuliahan para mahasiswa, juga melakukan kegiatan kunjungan industri dan melaksanakan proyek berbasis kebutuhan industri. Salah seorang mahasiswa di Saxion university misalnya mengerjakan sebagian dari projek di bidang sipil.

Meskipun memiliki berbagai kegiatan akademik yang harus dijalani, mahasiswa Program IISMA di Belanda juga melaksanakan berbagai kegiatan non-akademik yang mengenalkan budaya Indonesia kepada mahasiswa internasional lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)