Biaya Kuliah Kedokteran UGM Jalur SNBP, SNBT, dan Utul Mandiri yang Perlu Diketahui

Selasa, 26 Desember 2023 - 09:51 WIB
loading...
Biaya Kuliah Kedokteran UGM Jalur SNBP, SNBT, dan Utul Mandiri yang Perlu Diketahui
Biaya Kuliah Kedokteran UGM Jalur SNBP, SNBT dan Ujian Tulis Mandiri ini perlu diketahui oleh setiap calon mahasiswa. Foto/UGM.
A A A
JAKARTA - Biaya kuliah Kedokteran UGM Jalur SNBP, SNBT dan Ujian Tulis (Utul) Mandiri ini perlu diketahui oleh setiap calon mahasiswa yang tertarik untuk masuk ke prodi tersebut.

Sebenarnya untuk biaya kuliah jurusan kedokteran UGM jalur SNBP, SNBT dan Ujian Tulis Mandiri tidaklah terdapat perbedaan. Sehingga untuk mahasiswa yang telah terdaftar masuk ke jurusan tersebut baik melalui jalur SNBP, SNBT, maupun utul Mandiri akan dikenakan biaya yang sama.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta 2023/2024, Ini Rinciannya

Perbedaannya terletak pada subsidi yang diberikan, mengingat UGM telah menetapkan UKT (Uang Kuliah Tunggal) Pendidikan Unggul UGM dan UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi UGM.

UKT tersebut telah diatur sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2020 tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi Pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran 5 Kampus Swasta Berakreditasi A, Universitas Ini Paling Murah

Dilansir dari laman resmi UGM, penetapan UKT Pendidikan Unggul UGM dan UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi UGM didasarkan pada kemampuan ekonomi kedua orang tua atau penanggung jawab biaya pendidikan mahasiswa.

Kemampuan ekonomi ini akan dievaluasi setelah calon mahasiswa dinyatakan diterima di UGM berdasarkan dokumen-dokumen yang telah diunggah.

Karena itulah biaya kuliah Jurusan Kedokteran UGM ini telah dibagi menjadi beberapa kategori UKT, yakni UKT Pendidikan Unggul, dan UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 25 % hingga 100 %.

Baca juga: Biaya Kuliah Fakultas Kedokteran UPI 2023, Segini Totalnya hingga Lulus

Biaya Kuliah Kedokteran UGM


Berikut ini daftar biaya kuliah Jurusan Kedokteran UGM jalur jalur SNBP, SNBT dan Ujian Tulis Mandiri untuk tahun ajaran 2023/2024 :

- UKT Pendidikan Unggul: Rp 24.700.000.

- Subsidi 25 persen UKT Pendidikan Unggul: Rp 18.525.000.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)