CPNS 2024 Dibuka untuk 1 Juta Formasi, Ini 5 Jurusan Paling Banyak Dibutuhkan

Selasa, 02 Januari 2024 - 10:25 WIB
loading...
CPNS 2024 Dibuka untuk 1 Juta Formasi, Ini 5 Jurusan Paling Banyak Dibutuhkan
Di CPNS 2024, kabarnya pemerintah akan membuka lowongan untuk satu juta formasi CPNS dan PPPK. Jurusan yang banyak dibutuhkan diperkirakan yakni Teknologi Informasi atau IT dan kesehatan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 5 jurusan kuliah yang lulusannya banyak dibutuhkan di CPNS 2024. Setelah berakhirnya pendaftaran CPNS 2023, pemerintah telah memberikan sinyal bahwa akan ada pembukaan CPNS 2024.

Di CPNS 2024, kabarnya pemerintah akan membuka lowongan untuk satu juta formasi CPNS dan PPPK. Tanda-tanda bahwa akan ada CPNS 2024 dalam beberapa kesempatan disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas.

Menurut keterangan Menpan RB, meskipun secara detail belum diumumkan, namun formasi utama yang dibuka pada CPNS 2024 yaitu bidang pendidikan dan kesehatan. Dirangkum dari berbaga sumber, artikel kali ini akan membahas daftar jurusan yang diperkirakan banyak dibutuhkan di CPNS 2024, simak ya!

5 Jurusan yang Lulusannya Diperkirakan Banyak Dibutuhkan di CPNS 2024


1. Teknologi Informasi atau IT


Jurusan kuliah teknologi informasi atau berkaitan dengan IT hampir dibutuhkan di semua lini CPNS. Untuk satu jabatan bahkan bisa dibuka kesempatan untuk beberapa jurusan IT yang lebih spesifik mulai dari Ilmu Komputer, Teknik Informatika hingga Sistem Informasi.

Banyaknya dibutuhkanm tenaga IT juga karena disrupsi digital yang membuat semua lini pemerintahan baik pusat maupun daerah harus menyediakan data dan layanan secara digital.Oleh sebab itu jurusan yang berkaitan dengan teknologi dan informasi dipastikan akan mengisi banyak jabatan dalam lowongan CPNS 2024.


2. Pendidikan


Jurusan pendidikan dibutuhkan karena pemerintah terus berupaya menyediakan kuota khusus bagi guru. Jurusan pendidikan akan menjadi jurusan paling banyak dibutuhkan di CPNS 2024 atau PPPK. Tetapi berkaca pada tahun sebelumnya guru yang kemungkinan besar lolos CPNS 2024 adalah mereka yang telah memiliki pengalaman mengajar.

3. Kesehatan


Tenaga kesehatan diprediksi akan mendapatkan porsi besar dalam setiap pembukaan CPNS dari tahun ke tahun. Dibutuhkannya banyak tega kesehatan karena kesehatan merupakan kebutuhan primer masyarakat yang mesti menjangkau seluruh pelosok Indonesia. Di bidang ini yang diperkirakan akan dibuka jaban CPNS adalah kedokteran umum, kebidanan, dan keperawatan.

4. Ilmu Pemerintahan


Jurusan kuliah Ilmu Pemerintahan adalah salah satu jurusan yang memang diarahkan untuk menjadi PNS. Pada setiap instansi PNS bisa dipastikan membutuhkan orang yang paham dengan Ilmu Pemerintahan. Kebutuhan lulusan Ilmu Pemerintahan karena setiap lembaga dituntut untuk membuat kebijakan yang relevan dengan perkembangan zaman.

5. Ekonomi


Sudah tak asing lagi jika urusan ekonomi banyak diperlukan di semua bidang pekerjaan termasuk CPNS. Jurusan ekonomi dibutuhkan karena setiap instansi plat merah mendapatkan kucuran dana yang mesti dipertanggungjawabkan akuntabilitasnya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2532 seconds (0.1#10.140)