Lokasi Poltekim dan Poltekip, Sekolah Kedinasan di Bawah Naungan Kemenkumham

Kamis, 04 Januari 2024 - 10:20 WIB
loading...
Lokasi Poltekim dan Poltekip, Sekolah Kedinasan di Bawah Naungan Kemenkumham
Politeknik Imigrasi (Poltekim), salah satu sekolah kedinasan milik Kemenkumham berada di Jalan Raya Gandul No. 4, Gandul, Kec. Cinere, Kota Depok, Jawa Barat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini lokasi Poltekim dan Poltekip , dua sekolah kedinasan di bawah naungan Kemenkumham . Sekolah kedinasan telah menjadi salah satu tujuan utama para lulusan SMA/Sederajat ketika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Di Indonesia sendiri, pilihannya pun terbilang sangat beragam.

Melihat sebarannya, ada beberapa di antaranya yang terbilang cukup terkenal. Sebut saja seperti Politeknik Imigrasi (Poltekim) dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip).

Kedua sekolah kedinasan tersebut sama-sama berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Lebih jauh, dimanakah lokasi dari kedua sekolah kedinasan itu?

Lokasi Sekolah Kedinasan Poltekim dan Poltekip


1. Poltekim


Politeknik Imigrasi (Poltekim) merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang cukup populer di Indonesia. Pada operasinya, mereka berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Mengutip laman resminya, Poltekim menyelenggarakan pendidikan kedinasan yang berfokus pada penerapan ilmu pengetahuan dan keahlian di bidang keimigrasian. Dulunya, sekolah kedinasan ini sempat dikenal dengan nama Akademi Imigrasi (AIM).



Pada prosesnya, Poltekim memiliki beberapa program studi (prodi) yang ditawarkan. Di antaranya seperti D4 Manajemen Teknologi Keimigrasian, D4 Administrasi Keimigrasian, D4 Hukum Keimigrasian, dan D3 Keimigrasian.

Terkait lokasi, sebelumnya Poltekim diketahui berada di Jalan Raya Gandul No. 4, Gandul, Kec. Cinere, Kota Depok, Jawa Barat. Pada 2019 lalu, Kemenkumham meresmikan gedung kampus baru Poltekim di Tanah Tinggi, Tangerang, Banten.

Mengutip laman resmi Kemenkumham, pembangunan kampus Poltekim baru ini ditujukan sebagai salah satu upaya penguatan guna menciptakan sumber daya manusia yang andal.

2. Poltekip


Berikutnya ada Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip). Sebagaimana Poltekim, Poltekip ini juga menjadi perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Kemenkumham.

Poltekip sendiri menyediakan beberapa pilihan program studi (prodi). Di antaranya seperti D4 Manajemen Pemasyarakatan, D4 Teknik Pemasyarakatan, dan D4 Bimbingan Pemasyarakatan.

Lokasi Poltekip sebelumnya diketahui berada di Cinere, Depok. Sama seperti Poltekim, mereka juga mendapat gedung kampus baru di Tangerang yang sudah diresmikan Kemenkumham pada 2019 lalu.

Bangunan baru itu dibuat di atas lahan seluas 22 hektar dan diperkirakan bisa menampung kurang lebih 2000 taruna/taruni Poltekip dan Poltekim.Pembangunan kampus baru tersebut diharapkan mampu meningkatkan proses pendidikan dalam rangka mempersiapkan calon aparatur sipil negara yang kompeten di bidang pemasyarakatan dan imigrasi.

Demikian ulasan mengenai lokasi sekolah kedinasan Poltekim dan Poltekip yang bisa diketahu
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3783 seconds (0.1#10.140)