Mahasiswa KIP Kuliah Bisa Daftar IISMA 2024 Lewat Jalur Afirmasi

Minggu, 07 Januari 2024 - 17:33 WIB
loading...
Mahasiswa KIP Kuliah Bisa Daftar IISMA 2024 Lewat Jalur Afirmasi
IISMA 2024 akan segera dibuka dan tersedia jalur afirmasi, reguler, dan co funding. Foto/Tangkap layar laman IISMA.
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek kembali membuka program IISMA 2024. Jalur afirmasi akan dibuka khusus untuk para mahasiswa KIP Kuliah dan dari daerah tertinggal.

Indonesian International Student Mobility (IISMA) 2024 membuka kesempatan kepada seluruh mahasiswa Indonesia untuk merasakan pengalaman belajar di luar negeri selama satu semester.

IISMA merupakan program pertukaran pelajar yang merupakan salah satu flagship program Kemendikbudristek khususnya untuk pendidikan tinggi.

Baca juga: Raih IISMA ke Amerika, Mahasiswi Unair Ini Terpilih Jadi Asisten Riset di UC Davis

Agar peserta IISMA terdistribusi secara optimal dan bisa menjangkau seluruh mahasiswa dari semua kelas ekonomi maka ada jalur afirmasi di IISMA 2024.

"Jalur seleksi yang dibuka secara bersamaan pendaftaran, seleksi, pengumuman, dan keberangkatan yaitu jalur afirmasi dan reguler," kata Kepala Program IISMA Rachmat Sriwijaya, melalui siaran pers, Minggu (7/1/204).

Jalur afirmasi ditujukan bagi para mahasiswa yang mendapatkan beasiswa Bidikmisi atau KIP-K, dan mahasiswa yang berada di daerah tertinggal berdasarkan Peraturan Presiden.

Baca juga: Kisah Perjuangan Anak Penjual Pentol Lolos IISMA ke Jerman

Setelah pengumuman kedua jalur itu, jalur co-funding akan dibuka bagi peserta yang belum lulus seleksi di jalur reguler, dengan ketentuan pilihan perguruan tinggi yang terbatas, dan pendanaan parsial dari Kemendikbudristek dan mahasiswa.

Kabar menarik lainnya, pada IISMA 2024 ini terdapat peningkatan jumlah kuota yang dibuka bagi 3.000—3.300 peserta, dengan mitra sebanyak 140—150 universitas di 30 negara.

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek) Kemendikbudristek Nizam mengajak mahasiswa untuk menyiapkan diri dengan bahasa asing yang baik dan memilih program studi yang semakin beragam di berbagai negara.

“Belajar sungguh-sungguh, tetap berkarya di kegiatan mahasiswa, dan berprestasi. Jadilah duta bangsa yang membanggakan bagi keluarga, almamater, bangsa, dan negara,” pesan Nizam.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1545 seconds (0.1#10.140)