Apakah Ranking Kelas Mempengaruhi Hasil SNBP 2024? Begini Penjelasannya

Kamis, 11 Januari 2024 - 09:58 WIB
loading...
Apakah Ranking Kelas Mempengaruhi Hasil SNBP 2024? Begini Penjelasannya
Ranking sekolah ternyata tidak berpengaruh terhadap lulus tidaknya seseorang yang mendaftar di jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Banyak siswa yang mungkin masih bertanya-tanya, apakah ranking kelas mempengaruhi hasil atau kelulusan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024? Kenapa muncul pertanyaan seperti itu?

Seperti yang diketahui, SNBP merupakan jalur seleksi yang menggunakan nilai akademik saja atau nilai akademik dengan prestasi. Salah satu hal yang menjadi poin penting ketika mengikuti SNBP 2024 adalah nilai rapor yang stabil. Untuk menjawab pertanyaan apakah ranking rapor akan memengaruhi hasil SNBP, artikel kali ini akan mengulasnya dengan jelas, simak ya!

Nilai Rapor dan Ranking Kelas di SNBP


Rapor yang digunakan untuk seleksi SNBP adalah nilai rapor siswa dari semester satu sampai dengan semester lima bagi siswa SMA/SMK dengan masa belajar tiga tahun. Nilai rapor yang stabil dan naik setiap semesternya tentu akan menjadi poin tambahan bagi siswa.

Artinya, grafik nilai rapor yang baik akan membuat peluang siswa untuk lolos SNBP 2024 semakin besar. Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk memaksimalkan nilai rapor untuk memperbesar peluang lolos SNBP.



Selain nilai rapor, apakah ranking kelas juga bisa mempengaruhi hasil atau kelulusan SNBP 2024? Melansir dari akun Instagram @university.id, ranking kelas hanya digunakan sebagai tolak ukur prestasi siswa selama menempuh pendidikan di jenjang SMA.

Ranking Kelas Tak Pengaruhi Hasil Kelulusan Siswa di SNBP


Sementara pada jalur seleksi SNBP ranking kelas tidak akan mempengaruhi hasil kelulusan siswa. Ranking yang berpengaruh adalah Ranking Paralel (pemeringkatan sekolah) yaitu pemeringkatan yang dilakukan secara menyeluruh mencakup seluruh siswa dalam satu angkatan.

Biasanya ranking paralel juga digunakan untuk menentukan jumlah kuota SNBP dalam satu sekolah. Maka, dapat disimpulkan bahwa ranking kelas tidak akan mempengaruhi kelulusan di jalur SNBP.

Demikian informasi mengenai apakah ranking kelas mempengaruhi hasil SNBP 2024. Semoga bermanfaat
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2810 seconds (0.1#10.140)