8 Perguruan Tinggi di Bawah Kemenperin, Lulus Langsung Diangkat PNS?

Senin, 15 Januari 2024 - 11:39 WIB
loading...
8 Perguruan Tinggi di Bawah Kemenperin, Lulus Langsung Diangkat PNS?
Kemenperin memiliki delapan perguruan tinggi dengan berbagai jurusan. Salah satunya Politeknik AKA Bogor. Foto/YouTube Poltek AKA Bogor.
A A A
JAKARTA - Kemenperin memiliki delapan perguruan tinggi di berbagai daerah. Berikut daftar perguruan tinggi yang dimiliki Kemenperin berikut jurusan kuliahnya.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mempunyai sejumlah unit pendidikan di beberapa daerah mulai dari balai diklat, sekolah menengah kejuruan, hingga politeknik.

Terkait dengan perguruan tinggi, Kemenperin mempunyai delapan perguruan tinggi dengan status politeknik mulai yang berada di Jakarta, Bandung, Bogor, Yogya, Padang, Makassar, juga Medan.

Namun apakah perguruan tinggi Kemenperin sama halnya dengan beberapa perguruan tinggi milik kementerian lain dengan status ikatan dinas dan bisa jadi PNS?

Baca juga: Bingung Pilih Kampus? Ini 80 Universitas Berakreditasi Unggul BAN-PT hingga Awal 2024

Menjawab hal ini, Kemenperin tidak seperti beberapa kementerian lain yang membuka penerimaan seleksi sekolah kedinasan dengan pola ikatan dinas.

Maka lulusan perguruan tinggi di bawah Kemenperin tidak otomatis diangkat menjadi CPNS di Kemenperin. Namun peluang untuk menjadi ASN sangat terbuka lebar, di samping peluang kerja lainnya seperti bekerja di industri, peneliti, hingga menjadi dosen atau guru.

Dikutip dari laman resminya, berikut ini delapan perguruan tinggi di bawah Kemenperin yang perlu kalian ketahui.

8 Perguruan Tinggi di Bawah Naungan Kemenperin

1. Politeknik STMI Jakarta


Politeknik STMI Jakarta memiliki enam jurusan seperti Teknik Industri Otomotif, Sistem Informasi Industri Otomotif, Administrasii Bisnis Otomotif, Teknik Kimia Polimer, Teknologi Rekayasa Otomotif, Tenaga Penyuluh Lapangan.

2. Politeknik STTT Bandung


Politeknik STT Bandung memiliki tiga jurusan sarjana terapan seperti Teknik Tekstil, Kimia Tekstil, dan Produksi Garmen.

3. Politeknik APP Jakarta


Politeknik APP Jakarta memiliki empat jurusan yaitu D3 Manajemen Logistik Industri, D3 Perdagangan Internasinal Wilayah ASEAN dan RRT, D1 Logistik, dan D3 Manajemen Pemasaran Industri Elektronika.

Baca juga: 15 PTN Terbaik di Indonesia yang Direkomendasikan untuk SNBP Versi THE WUR 2024, Kampus Ini Juaranya

4. Politeknik AKA Bogor


Politeknik AKA Bogor memiliki jurusan D3 Analis Kimia, Pengolahan Limbah Industri, Penjaminan Mutu Industri Pangan dan D4 Nanoteknologi Pangan.

5. Politeknik ATI Padang


Politeknik ATI Padang memiliki lima jurusan seperti Manajemen Logistik Industri Argo, Teknik Industri Argo, Teknik Kimia Bahan Nabati, Analis Kimia, dan Teknologi Rekayasa Bioproses Energi Terbarukan.

6. Politeknik ATI Makassar


Politeknik ATI Makassar memiliki sejumlah program studi yaitu Teknik Manufaktur Industri Argo, Teknik Industri Argo, Otomasi Sistem Permesinan, dan Teknik Kimia Mineral

7. Politeknik ATK Yogyakarta


Politeknik ATI Yogyakarta memiliki sejumlah jurusan seperti D3 Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik, D3 Teknologi Pengolahan Produk Kulit, dan S3 Teknologi Pengolahan Kulit.

8. Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan


Beberapa jurusan yang ada di Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan yakni Teknik Kimia, Agrobisnis Kelapa Sawit, dan Teknik Mekanika.

Demikian delapan perguruan tinggi di bawah naungan Kementerian Perindustrian. Semoga informasi ini bermanfaat ya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1229 seconds (0.1#10.140)