Dibuka dengan 3 Jalur Seleksi, Mahasiswa KIP Kuliah Berpeluang Besar Lolos Beasiswa IISMA 2024

Selasa, 16 Januari 2024 - 10:58 WIB
loading...
Dibuka dengan 3 Jalur Seleksi, Mahasiswa KIP Kuliah Berpeluang Besar Lolos Beasiswa IISMA 2024
Pendaftaran beasiswa IISMA 2024 jalur afirmasi ditujukan bagi para mahasiswa yang mendapatkan Beasiswa Bidikmisi atau KIP Kuliah dan mahasiswa yang berada di daerah tertinggal berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah bisa berpeluang lebih besar untuk lolos beasiswa program Indonesian International Student Mobility Awards ( IISMA) Tahun 2024.

Kenapa demikian? Untuk menjawab pertanyaan itu, artikel kali ini akan membahas seputar mahasiswa penerima KIP Kuliah kaitannya dengan informasi seputar IISMA 2024, simak ya!

Informasi Seputar Pendaftaran IISMA 2024


Menurut informasi dari Kemendikbudristek, pendaftaran beasiswa IISMA 2024 dilakukan melalui tiga jalur seleksi, yakni yakni jalur reguler, afirmasi, dan co-funding. Pada jalur reguler, dikhususkan bagi mahasiswa umum.

Sedangkan jalur afirmasi ditujukan bagi para mahasiswa yang mendapatkan Beasiswa Bidikmisi atau KIP Kuliah dan mahasiswa yang berada di daerah tertinggal berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres).



Adapun jalur co-funding diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin ikut IISMA tapi dengan Beasiswa terbatas, yakni melalui pendanaan bersama antara pemerintah dengan mahasiswa

Pendaftaran jalur reguler dan afirmasi IISMA 2024 dilakukan bersamaan, sedangkan jalur co-funding akan dibuka bagi peserta yang belum lulus seleksi di jalur reguler, dengan ketentuan pilihan perguruan tinggi yang terbatas, dan pendanaan parsial dari Kemendikbud Ristek dan mahasiswa. Pendaftaran dimulai pada 23 Januari sampai dengan 14 Februari 2024 melalui laman https://iisma.kemdikbud.go.id .

Menurut data Kemendikbudristek, jumlah kuota program IISMA 2024 mencapai 3.000 sampai 3.300 peserta, dengan mitra sebanyak 140 sampai 150 universitas di 30 negara. Karena hal itu, Kemendikbudristek menyarankan bagi yang mau mendaftar IISMA 2024 untuk mempersiapkan diri dengan bahasa asing yang baik dan memilih program studi yang semakin beragam di berbagai negara

Program IISMA juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa unggul dari Sabang sampai Merauke untuk belajar selama satu semester di perguruan terbaik dunia dengan dukungan pembiayaan dari pemerintah Indonesia.

Syarat Daftar IISMA 2024


Bagi yang mau ikut program IISMA 2024, kamu harus mengetahui beberapa persyaratan seperti di bawah ini.

A. Syarat Umum Beasiswa IISMA 2024


1. Warga Negara Indonesia yang menetap di Indonesia dan tidak mempunyai status kewarganegaraan ganda.

2. Usia maksimal 24 tahun pada 1 Juli 2024.

3. Mahasiswa berstatus aktif dengan IPK minimal 3,0 dari skala 4,0 dan dibuktikan dengan transkrip akademik terbaru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)