16 Istilah Penting di Seleksi Masuk PTN SNBP dan SNBT 2024, Camaba Simak Ya

Kamis, 18 Januari 2024 - 13:29 WIB
loading...
16 Istilah Penting di Seleksi Masuk  PTN  SNBP dan SNBT 2024, Camaba Simak Ya
Sejumlah istilah-istilah mewarnai pelaksanaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Sejumlah istilah-istilah mewarnai pelaksanaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024. Berikut ini 16 istilah yang penting diketahui calon mahasiswa baru .

Penerimaan mahasiswa baru ke perguruan tinggi negeri (PTN) sudah mulai berjalan. Siswa dan sekolah pun saat ini disibukkan dengan proses registrasi akun di portal SNPMB.

Baca juga: Begini Cara Lintas Jurusan pada SNBP dan SNBT 2024, Perhatikan Mapel Pendukung

Terdapat dua jalur reguler nasional yang dibuka yaitu SNBP dan SNBT. Calon pendaftar harus terlebih dulu melakukan registrasi akun SNBPMB dengan memasukkan NPSN dan NISN.

Sampai di sini paham dengan beberapa istilah di atas? Ya, pada seleksi mahasiswa baru 2024 ada banyak istilah-istilah yang mungkin baru terdengar oleh calon mahasiswa namun penting untuk mendukung kelulusan.

Dikutip dari berbagai sumber berikut ini 16 istilah penting di seleksi masuk PN 2024.

16 Istilah Penting di Seleksi Masuk PTN 2024

1. SNPMB


SNPMB adalah singkatan dari Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru. Mendikbudristek telah membentuk Tim SNPMB 2024 yang saat ini diketuai oleh Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri.

2. SNBP


Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah seleksi masuk PTN jalur prestasi. Penyaringannya berdasarkan nilai rapor dan prestasi lainnya. Juga berasal dari sekolah terakreditasi.

3. SNBT


Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) merupakan seleksi masuk jalur tes berbasis komputer atau UTBK. Setiap siswa nanti akan mengikuti UTBK yang tahun ini terbagi dua gelombang.

Baca juga: Penerimaan Mahasiswa Baru 2024 UGM, Ini Kuota dan Jalur Masuk yang Tersedia

4. UTBK


Ujian Tulis Berbasis Komputer (UBK) adalah bagian dari seleksi SNBT. UTBK akan dilaksanakan di 74 lokasi di PTN seluruh Indonesia.

5. SSO


Single Sign On adalah integrasi data untuk penerimaan calon mahasiswa baru dari jalur yang tersedia dalam satu sistem.

6. PDSS


Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) basis data yang berisi rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa eligible untuk mendaftar SNBP.

7. NPSN


Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) wajib diisi untuk registrasi akun SNPMB 2024.

8. NISN


Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah kode unik pengena identitas siswa yan berlaku sepanjang masa untuk membedakan siswa dengan siswa lainnya.

9. IKM


Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) merupakan program Kemendikbudristek berupa penyederhanaan kurikulum yang berpusat kepada anak.

Pada sekolah IKM, pemeringkatan siswa di SNBP menggunakan capaian siswa dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

10. PTN


Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Ada 76 PTN akademik dan 44 PTn vokasi yang membuka penerimaan mahasiswa baru di SNPMB 2024.

11. PTKIN


Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) adalah perguruan tinggi negeri di bawah naungan Kementerian Agama. Di antaranya ada UIN Jakarta, UIN Sunan Gunung Djati, dan lainnya. Ada 24 PTKIN yang bisa dipilih di SNPMB 2024.

12. D3, D4, S1


D3 adalah Diploma Tiga, D4 adalah Diploma Empat, dan S1 adalah Strata Satu.

13. TPS


TPS di sini bukan Tempat Pemungutan Suara (TPS) namun Tes Potensi Skolastik (TPS) yang akan mengukur kemampuan kognitif untuk keberhasilan di pendidikan tinggi.

14. KIP Kuliah


Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah merupakan bantuan pembiayaan pendidikan bagi siswa dari keluarga kurang mampu dan berprestasi.

15. Dapodik


Data Pokok Pendidikan atau Dapodik sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional yang dipantau oleh Kemendikbudristek.

Data sekolah pada akun SNPMB adalah yang sesuai dengan Dapodik. Jik ada perbaikan data juga haru melalui akun Dapodik.

16. EMIS


Education Management Information System atau EMIS adalah aplikasi yang akan mengintegrasikan sistem informasi dan data pendidikan Islam. Fungsinya di SNPMB sama dengan Dapodik.

Demikian 16 istilah penting di seleksi mahasiswa baru 2024. Semoga informasi ini bermanfaat.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)