Mengenal Sertifikasi Bahasa Inggris TOEFL ITP untuk Mendaftar Beasiswa LPDP 2024

Sabtu, 20 Januari 2024 - 12:01 WIB
loading...
Mengenal Sertifikasi Bahasa Inggris TOEFL ITP untuk Mendaftar Beasiswa LPDP 2024
Untuk mendaftar beasiswa LPDP dalam negeri, sertifikasi Bahasa Inggris TOEFL ITP bisa jadi salah satu opsi meraih sertifikat tersebut. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini TOEFL ITP buat mendaftar beasiswa LPDP 2024 yang perlu diketahui. Sertifikat kemampuan bahasa Inggris menjadi salah satu syarat pendaftaran Beasiswa LPDP. Dalam beasiswa LPDP dalam negeri, TOEFL ITP bisa jadi salah satu opsi meraih sertifikat tersebut. Apa dan seperti apa TOEFL ITP? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, artikel kali ini akan mengulasnya, simak ya!

Mengenal TOEFL ITP Buat Daftar Beasiswa LPDP 2024


Test of English as a Foreign Language (TOEFL) Institutional Testing Program (ITP) adalah salah satu jenis TOEFL. Dikutip dari laman resmi Education Testing Service (ETS), layanan asesmen TOEFL ITP menguji, mengukur, dan mengevaluasi kecakapan bahasa Inggris untuk pelajar usia 16 tahun ke atas.

Materi TOEFL ITP


TOEFL ITP pada dasarnya terdiri dari Level 1 dan Level 2.

Level 1 berisi bagian berikut:

a. Pemahaman mendengarkan: 50 soal, 35 menit
b. Struktur dan ekspresi tertulis: 40 soal, 25 menit
c. Pemahaman membaca: 50 soal, 55 menit
d. Level 2 berisi bagian berikut:

• Pemahaman mendengarkan
• Struktur dan ekspresi tertulis
• Kosakata dan pemahaman membaca



Skor TOEFL ITP


Skor TOEFL ITP dihitung berdasarkan jumlah jawaban benar yang diubah menjadi skor berskala. Skor ini berlaku selama 2 tahun sejak tanggal tes.

Penyelenggara TOEFL ITP


Penyelenggaraan TOEFL ITP ditawarkan ETS kepada perguruan tinggi dan organisasi pembelajaran bahasa Inggris. Country Master Distribution ETS untuk TOEFL ITP yaitu Yayasan Pendidikan Internasional Indonesia (IIEF), dikutip dari laman resminya.

Di Indonesia, ada sekitar 300 institusi yang menyelenggarakan TOEFL ITP> Perguruan tinggi Indonesia yang menggelar TOEFL ITP antara lain Universitas Indonesia dan Universitas Negeri Jakarta.

Biaya TOEFL ITP


Dikutip dari laman resminya, Lembaga Bahasa Internasional Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (LIB FIB) UI menyelenggarakan TOEFL ITP dengan biaya Rp585 ribu. Tes dilakukan secara kolektif di lokasi ujian.

Perbedaan TOEFL ITP dan TOEFL iBT


TOEFL Internet-Based Test atau TOEFL IBT adalah TOEFL yang mengukur empat kemampuan akademik bahasa Inggris, yaitu membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis. Hal ini menjadikan TOEFL iBT berbeda dengan TOEFL ITP yang tidak mengukur kemampuan berbicara.

Skor TOEFL iBT diakui di berbagai perguruan tinggi sebagai cerminan kemampuan calon mahasiswa dalam berbahasa Inggris untuk lingkup akademis. Dalam beasiswa LPDP, skor TOEFL jenis iBT yang disyaratkan untuk mendaftar beasiswa luar negeri. Biaya TOEFL iBT di ETS yaitu US210 atau sekitar Rp3,26 juta.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2623 seconds (0.1#10.140)