Cerita Ibnu, Lulusan Kursus yang Kini Bekerja Jadi Ground Staff Garuda Indonesia

Minggu, 21 Januari 2024 - 11:17 WIB
loading...
Cerita Ibnu, Lulusan Kursus yang Kini Bekerja Jadi Ground Staff Garuda Indonesia
bnu Mubarok, seorang Ground Staff Garuda Indonesia lulusan LKP Papua Terdepan Aviation & Hospitality. Foto/Ditjen Vokasi.
A A A
JAKARTA - Ini adalah cerita Ibnu Mubarok, seorang Ground Staff Garuda Indonesia . Ibnu adalah lulusan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Papua Terdepan Aviation & Hospitality, Sorong, Papua Barat Daya.

Salah satu program unggulan Diektorat Kursus dan Pelatihan Ditjen Pendidikan Vokasi adalah Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK). PKK bertujuan mendidik dan melatih siswa vokasi dengan kebutuhan yang selaras dengan kebutuhan dunia usaha dan industri, salah satunya di bidang penerbangan.

Ibnu Mubarok merupakan alumnus PKK 2023 yang kini bekerja sebagai Ground Staff di maskapai penerbangan kebanggaan Indonesia, Garuda Indonesia di Bandara Domine Eduard Osok (DEO), Sorong.

Baca juga: Peluang Kerja di Industri Garmen, Lulusan Vokasi Bisa Pilih 5 Profesi Ini

“Sebelumnya saya belum pernah bekerja. Lalu, saya pun tertarik di bidang penerbangan dan ingin belajar lebih dalam. Program PKK sangat membantu dan LKP Papua Terdepan pun mengarahkan saya untuk siap kerja,” katanya, dikutip dar laman Ditjen Vokasi, Minggu (21/1/204).

Pemuda 20 tahun tersebut mengungkapkan bahwa ia mulai bekerja pada tanggal 4 Desember 2023. Bekal program PKK membawanya ia bisa beradaptasi dengan cepat dalam melayani penumpang maskapai. Tidak hanya penumpang lokal, tetapi juga mancanegara. Menurutnya, itu sangat meningkatkan soft skills-nya dalam hal berkomunikasi dengan orang asing.

Ibnu menjelaskan, “Kegiatan saya sehari-hari adalah mulai dari membantu penumpang dari check in dan boarding ke pesawat serta menangani bagasi penumpang.”

Setelah mendapatkan pekerjaan tersebut dan berhasil meningkatkan kompetensi, Ibnu bangga bisa membantu keluarganya. Sebagai anak pertama, ia pun menyampaikan bahwa seringkali ia memberikan uang jajan tambahan untuk kedua adiknya.

Baca juga: Profesi MUA Kian Menjanjikan, Kemendikbudristek Dorong Generasi Muda Ikut Kursus

Tak hanya Ibnu, Muhammad Reza alumni program PKK 2022 di LKP Papua Terdepan pun memiliki cerita yang menarik di bidang penerbangan. Berangkat dari Makassar seorang diri, ia pun menekuni bidang tersebut. Sebelumnya, Reza pun menganggur dan hanya membantu orang tuanya berjualan.

“Saya memang ingin bekerja di bandara. Untuk itu, saya harus mengasah keterampilan dan kompetensi terlebih dahulu. Untungnya ada program PKK yang gratis, saya pun jadi belajar banyak tentang dunia penerbangan,” ungkap Reza.

Selepas pelatihan, magang, lalu uji kompetensi, ia pun diterima di Bandara Udara DEO sebagai AVSEC. Sudah satu tahun ia bekerja menjadi AVSEC, ia pun dapat meningkatkan perekonomian keluarganya di Makassar.

“Alhamdulillah, sudah bisa mengirim untuk kebutuhan orang tua di Makassar. Program PKK mengubah hidup saya dan memberikan saya jenjang karier di bidang ini,” ujar Reza.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2416 seconds (0.1#10.140)