Catat! Ini Tanggal-Tanggal Penting untuk Pendaftaran Beasiswa LPDP Jalur Prioritas 2024

Rabu, 24 Januari 2024 - 10:14 WIB
loading...
Catat! Ini Tanggal-Tanggal Penting untuk Pendaftaran Beasiswa LPDP Jalur Prioritas 2024
Selain membuka jalur pendaftaran non prioritas, beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. (LPDP) juga membuka jalur prioritas. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini tanggal- tanggal penting pendaftaran beasiswa LPDP j alur Prioritas tahun 2024 yang wajib diketahui pemburu beasiswa. Beasiswa LPDP adalah beasiswa yang banyak dicari warga Indonesia.

Beasiswa LPDP merupakan beasiswa dari pemerintah untuk melanjutkan studi di dalam maupun luar negeri.Selain membuka jalur pendaftaran non prioritas, ternyata beasiswa LPDP juga membuka jalur prioritas.

Dikutip dari akun Instagram @lpdp_ri, artikel kali ini akan membahas tanggal-tanggal penting untuk pendaftar beasiswa LPDP jalur prioritas, berapa saja? Simak penjelasannya berikut ya!

Tanggal-Tanggal Penting Pendaftaran Beasiswa LPDP Jalur Prioritas 2024


1. Pendaftaran


Seperti jalur non prioritas, jalur prioritas masa pendaftarannya dimulai tanggal 11 Januari 2024 hingga 12 Februari 2024.

2. Seleksi Administrasi


Seleksi Administrasi berlangsung selama hampir dua pekan, yaitu mulai tanggal 15-28 Februari 2024.

3. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi


Seperti jalur non prioritas, Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi akan diumumkan bersamaan tanggal 1 Maret 2024.


4. Pengajuan Sanggah Hasil Seleksi Administrasi


Pada jalur prioritas juga terdapat pengajuan sanggah hasil seleksi administrasi yaitu tanggal 2-3 Maret 2024.

5. Pengumuman Hasil Sanggah Seleksi Administrasi


Pengumuman Hasil Sanggah Seleksi Administrasi jalur prioritas dan jalur non prioritas diumumkan bersamaan di tanggal 14 Maret 2024.

6. Seleksi Bakat Skolastik dan Seleksi Substansi


Berbeda dengan jalur non prioritas yang seleksi bakat skolastik dan seleksi substansi dipisah, jalur prioritas disatukan kedua tes tersebut sehingga jadi lebih cepat prosesnya. Kedua seleksi untuk jalur prioritas tersebut diadakan mulai tanggal 18-27 Maret 2024.

7. Pengumuman Hasil Seleksi Substansi


Pengumuman Hasil Seleksi Substansi pada jalur prioritas juga bersamaan dengan jalur non prioritas yaitu tanggal 10 Juni 2024.
Terdapat informasi tambahan untuk pendaftar beasiswa LPDP jalur prioritas, bahwa seleksi beasiswa tahap 1 tahun 2024 kuliahnya paling cepat dimulai Juli 2024. Kemudian bisa saja pendaftar beasiswa LPDP jalur prioritas mengikuti seleksi substansi tanpa menunggu hasil seleksi bakat skolastik.

Beda Beasiswa LPDP Prioritas, Reguler, dan Parsial


1. Beasiswa LPDP Prioritas


Beasiswa jenis ini merupakan beasiswa yang masuk dalam kategori LPDP Targeted. Pendaftar boleh melakukan pendaftaran melalui dua program sekaligus, yakni jalur kemitraan maupun beasiswa umum tujuan luar negeri. Kebanyakan beasiswa ini diambil oleh pendaftar dari golongan PNS, TNI, hingga Polri.

2. Beasiswa LPDP Reguler


Beasiswa reguler merupakan beasiswa untuk jenjang magister dan doktor. Beasiswa ini diberikan kepada semua warga negara Indonesia yang hendak melanjutkan pendidikan S1-nya ke jenjang tersebut.

Menariknya di 2024 ini Anda yang sedang menempuh pendidikan pun boleh mendaftar beasiswa LPDP Reguler ini. Perlu diingat juga, beasiswa LPDP Reguler ini juga paling banyak peminatnya.

3. Beasiswa parsial


Beasiswa jenis ini merujuk pada jenis pendanaan bersama antara individu penerima beasiswa dengan pihak LPDP. Beasiswa jenis ini tentu berbeda dengan jenis beasiswa fully funded yang semua kebutuhan penerima ditanggung LPDP.

Penerima beasiswa parsial hanya menerima separuh pendanaan. LPDP tidak akan akan mengcover biaya hidup dan beberapa biasa pendidikan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)