Digelar di UIN Walisongo, AICIS 2024 Bahas 328 Paper Dalam dan Luar Negeri

Rabu, 24 Januari 2024 - 12:55 WIB
loading...
Digelar di UIN Walisongo, AICIS 2024 Bahas 328 Paper Dalam dan Luar Negeri
Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke-23 di UIN Walisongo Semarang Jawa Tengah pekan depan. Foto/Humas UIN Walisongo
A A A
SEMARANG - Kementerian Agama ( Kemenag ) akan menggelar Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke-23 di Kota Semarang pekan depan.

Sebanyak 328 dari 2.000 paper kiriman penulis berbagai negara telah dinyatakan lolos kurasi. Selanjutnya ratusan paper itu akan dibahas di ajang konferensi internasional tahunan yang bergengsi tersebut.

AICIS tahun ini mengusung tema ‘Redefining The Roles of Religion in Addressing Human Crisis: Encountering Peace, Justice, and Human Rights Issues’. Selama empat hari (1 - 4 Februari 2024), kegiatan ini akan berlangsung di kampus UIN Walisongo, Kota Semarang, Jawa Tengah

Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani mengatakan AICIS 2024 diangkat sebagai respons terhadap adanya krisis kemanusiaan global yang belakangan terjadi di beberapa belahan dunia, seperti di Timur Tengah dan Ukraina.

Menurut dia, ketegangan sosial politik internasional, seperti perang antara Rusia-Ukraina, konflik Israel dan Palestina, serta berbagai ketegangan dan konflik di berbagai belahan bumi lainnya, secara konstan melahirkan berbagai tanggapan dengan sentimen keagamaan yang kuat.



AICIS bertujuan untuk mendefinisikan kembali peran agama, terutama Islam, dalam menghadapi tantangan kemanusiaan kontemporer di kancah global.

“Tema AICIS kali ini sangat menarik karena mengangkat tema tentang meredefinisi peran agama dalam krisis kemanusiaan global. Pemikiran dan paparan hasil-hasil penelitian para akademisi, baik dari dalam maupun luar negeri, diharapkan dapat memberikan sumbangsih bagi peradaban dunia yang lebih baik," jelas M Ali Ramdhani dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (24/1/2024).

Setidaknya ada tujuh sub tema yang akan didiskusikan oleh para akademisi kajian keislaman, dalam dan luar negeri.

1. Agama, Nasionalisme, dan Kewarganegaraan di Asia Tenggara
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)