Mahasiswa Undip Laksanakan Sosialisasi Pemilu di Desa Jarum Klaten

Jum'at, 26 Januari 2024 - 10:52 WIB
loading...
Mahasiswa Undip Laksanakan Sosialisasi Pemilu di Desa Jarum Klaten
Adry Adiananta, mahasiswa KKN TIM I Undip 2024 dari prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, telah merancang program monodisiplin dengan tema Edukasi Pemilihan Umum 2024 Sebagai Upaya Mewujudkan Pemilihan Umum yang Jujur dan Adil Demi Mempertahankan Persatuan d
A A A
JAKARTA - Suasana penuh antusias menyelimuti Masyarakat Desa Jarum, Klaten, yang siap menghadapi Pesta Demokrasi pada 14 Februari 2024. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata TIM I Universitas Diponegoro (Undip) 2023 telah menginisiasi program edukasi dan sosialisasi, mempersiapkan masyarakat dengan semangat dan pemahaman yang kuat dalam menghadapi proses demokrasi

Masyarakat Desa Jarum, melalui program ini, membekali diri dengan pengetahuan mendalam mengenai Pemilihan Umum (Pemilu), menjunjung tinggi prinsip-prinsip Langsung, Umum, Rahasia, Jujur, dan Adil (LUBER JURDIL). Tujuannya adalah untuk mencegah praktek kampanye yang tidak etis dan dapat merusak persatuan serta kedaulatan bangsa.

Baca juga: Profil Suharnomo, Rektor Undip yang Ditunjuk Jadi Panelis Debat Cawapres

Tahun 2024 menjadi momen penting, kedaulatan rakyat termanifestasi melalui Pemilihan Umum untuk memilih Presiden, Wakil Presiden, anggota DPR, anggota DPD, dan anggota DPRD. Namun, pemahaman dan informasi yang akurat perlu dijaga dalam masyarakat.

Adry Adiananta, mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro Tahun 2024 dari program studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, telah merancang program monodisiplin dengan tema "Edukasi Pemilihan Umum 2024 Sebagai Upaya Mewujudkan Pemilihan Umum yang Jujur dan Adil Demi Mempertahankan Persatuan dan Kedaulatan Bangsa."

Baca juga: Cetak Quattrick, Undip Kampus Hijau Terbaik Kedua Indonesia di UI GreenMetric 2023

"Edukasi ini mencakup aspek-aspek kunci, mulai dari fungsi dan tujuan Pemilu, dasar hukum, asas keberjalanan pemilu, hingga pelanggaran kampanye", jelas Adry, melalui keterangan resmi, Jumat (26/1/2024).

Pelaksanaan edukasi yang diselenggarakan di Balai Desa Jarum menargetkan partisipasi perangkat desa dan panitia penyelenggara pemilu. Dengan pendekatan edukasi yang komprehensif, masyarakat Desa Jarum berkomitmen untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang jujur dan adil, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5040 seconds (0.1#10.140)