Unika Atma Jaya Edukasi Politik Anak Muda untuk Bijak Gunakan Hak Suara

Jum'at, 26 Januari 2024 - 20:19 WIB
loading...
Unika Atma Jaya Edukasi Politik Anak Muda untuk Bijak Gunakan Hak Suara
Rektor Unika Atma Jaya, Prof. Dr. dr. Yuda Turana. Foto/Unika Atma Jaya.
A A A
JAKARTA - Pemilihan Umum ( Pemilu ) merupakan landasan proses demokrasi. Keterlibatan anak muda untuk bijak menentukan hak suaranya pada 14 Februari nanti penting demi masa depan Indonesia yang lebih baik.

Dalam hal ini Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya langsungkan Seminar Nasional Edukasi Politik pada Jumat (26/1/2024), dengan tema, “Orang Muda dan Masyarakat Mencermati Pemilu Bersih dan Mengawal Hasil Pemilu secara Bertanggung Jawab untuk Masa Depan Indonesia yang Lebih Baik.”

Seminar nasional ini juga dihadiri oleh kurang lebih 800 orang muda baik secara onsite maupun online yang terdiri dari mahasiswa Unika Atma Jaya, siswa SMA se-jabodetabek, serta sejumlah komunitas orang muda yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Pemilu 2024 pada 14 Februari nanti sangat menarik karena juga bertepatan dengan hari raya kasih sayang, yaitu Hari Valentine yang identik dengan orang muda," ujar Rektor Unika Atma Jaya, Prof. Dr. dr. Yuda Turana, dalam sambutannya, Jumat (26/1/2024).

Baca juga: Teliti Permukiman Kumuh di Jakarta, Unika Atma Jaya Gelar Sidang Terbuka Program Doktor Psikologi

Sebagai Rektor dan Neurolog, lanjutnya, ia perlu mengingatkan sehubungan hari tersebut yang juga berkaitan dengan pesta demokrasi di Indonesia yaitu pemilu, untuk memahami pentingnya keputusan orang muda dalam menggunakan hak suaranya.

Menurutnya, melihat politik di Indonesia sangatlah dinamis, dan pemilihan umum merupakan landasan proses demokrasi.

“Kita perlu memilih secara bijak, dan bersama kita bangun suatu masyarakat yang menghargai setiap pilihan, mari sukseskan pemilu dengan rasa dan logika,” ujar Rektor.

Seiring dengan persiapan negara dalam menyelenggarakan Pemilu tahun 2024, terdapat peningkatan kebutuhan akan edukasi politik untuk memastikan bahwa masyarakat memperoleh informasi yang baik tentang kandidat, partai, dan proses demokrasi itu sendiri.

Baca juga: Kampanye di Sekolah dan Kampus, TGB: Buka Ruang Dialog Pendidikan Politik
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2288 seconds (0.1#10.140)