5 Cabang Ramaikan Lomba Inovasi Digital Mahasiswa 2024, Pendaftaran Dibuka Februari

Jum'at, 02 Februari 2024 - 10:43 WIB
loading...
5 Cabang Ramaikan Lomba Inovasi Digital Mahasiswa 2024,  Pendaftaran Dibuka Februari
Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemendikbudristek kembali menyelenggarakan Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) ke-5 tahun 2024. Pendaftaran LIDM tahun ini akan dimulai pada Februari 2024.. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemendikbudristek kembali menyelenggarakan Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) ke-5 tahun 2024. Pendaftaran LIDM tahun ini akan dimulai pada Februari 2024.

Tema yang diangkat pada perlombaan LIDM kali ini adalah "Literasi digital untuk menumbuh kembangkan sumber daya manusia pendidik sebagai talenta nasional menuju Indonesia Maju dengan tatanan kehidupan baru".

LIDM terbuka bagi semua mahasiswa dari perguruan tinggi yang ada di Indonesia dan terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI). Mahasiswa dapat mengikuti LDIM secara berkelompok atau tim.Artikel kali ini akan membahas tuntas informasi seputar Lomba Inovasi Digital Mahasiswa 2024

Cabang Lomba LIDM 2024


1. Inovasi Teknologi Digital Pendidikan


Inovasi teknologi digital pendidikan ini mencakup inovasi sistem dan teknologi informasi makro (manajemen dan administrasi pendidikan di satuan dan jenjang pendidikan dari tahap perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi pendidikan) dan mikro (pembelajaran klasikal dari tahap perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi pembelajaran).

2. Inovasi Pembelajaran Digital Pendidikan


Inovasi pada cabang lomba ini bisa berupa perangkat pembelajaran digital seperti materi ajar berbasis kelas tatap muka, media pembelajaran praktikum atau materi ajar untuk pendidikan anak berkebutuhan khusus.


3. Video Digital Pendidikan


Video dikemas sebagai sarana pendidikan bagi masyarakat untuk mendapat pengetahuan soal tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), isu nasional, atau kampanye masalah perubahan iklim.

4. Poster Digital Pendidikan


Poster dibuat untuk media edukasi soal gerakan peduli pembangunan berkelanjutan (SDGs), gerakan peduli isu kesetaraan gender atau gerakan peduli peningkatan kualitas pangan dan pembangunan sumber daya berkualitas.

5. Microteaching Digital


Microteaching digital adalah inovasi pembelajaran mikro klasikal untuk pendidikan perguruan tinggi maupun kelompok/lembaga pelatihan, dan pembelajaran klasik untuk pendidikan berkebutuhan khusus.

Alur Seleksi LIDM 2024

1. Babak Seleksi Internal Perguruan Tinggi

Pada babak ini, perguruan tinggi akan menyeleksi tim mahasiswa yang mendaftar. Semua tim akan ikut wajib mengisi formulir di https://daftar-bpti.kemdikbud.go.id/.

Penilaian pada tahap ini mengacu pada ketentuan yang ditetapkan oleH BPTI, bukan pihak kampus. Jumlah tim yang bisa mendaftar di LIDM 2024 ini berbeda-beda karena disesuaikan dengan kuota per klaster.

2. Babak Seleksi Nasional

Seleksi nasional akan diikuti oleh masing-masing perwakilan perguruan tinggi. Pelaksanaan seleksi nasional dilakukan secara daring, kemudian tim terpilih selanjutnya akan maju ke babak final.

3. Babak Final Nasional
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)